Selasa, 04 Jan 2022 17:00 WIB

Apa Perbedaan Flurona dan Florona? Kombinasi Flu-Corona yang Hebohkan Dunia

Firdaus Anwar - detikHealth
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render Foto: Getty Images/BlackJack3D
Jakarta -

Di internet sedang ramai pembahasan mengenai penyakit flurona dan florona. Istilah tersebut mulai mencuat setelah dilaporkan ada seorang ibu hamil yang positif terinfeksi virus influenza dan COVID-19 sekaligus.

Saat itu media Arab News menggunakan istilah florona untuk kondisi infeksi ganda influenza dan COVID-19.

"Israel melaporkan kasus florona pertama, infeksi ganda dari COVID-19 dan influenza," cuit akun Twitter Arab News pada Kamis (30/12/2021).

Tak lama setelah itu mulai banyak bermunculan laporan media soal kasus infeksi ganda tersebut. Hanya saja istilah yang digunakan adalah flurona.

Baik florona dan flurona keduanya merujuk pada insiden infeksi yang disebabkan oleh influenza dan COVID-19. Bukan mutasi ataupun virus yang baru muncul.

Seberapa berbahaya florona/flurona?

Direktur Departemen Ginekologi Rumah Sakit Beilinson, Arnon Vizhnitser, menjabarkan tipis kondisi yang dialami oleh pasien. Ia mengalami gejala relatif ringan.

"Penyakitnya adalah penyakit yang sama. Mereka virus dan menyebabkan kesulitan bernapas karena keduanya menyerang saluran pernapasan bagian atas," kata Vizhnitser.

Kementerian Kesehatan Israel tengah melakukan studi untuk melihat apakah florona/flurona bisa menimbulkan gejala yang lebih parah pada pasien. Hal ini jadi sorotan karena angka kasus penyakit flu semakin meningkat di tengah ancaman varian Omicron.

"Tahun lalu, kami tidak menyaksikan kasus flu di antara wanita hamil atau melahirkan," kata Vizhnitser.

"Hari ini, kami melihat kasus virus Corona dan flu yang mulai muncul kembali," lanjutnya.



Simak Video "Langkah Israel Usai Kemunculan Kasus 'Florona'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)