Rabu, 05 Jan 2022 15:46 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Lebih Sehat dan Berkilau

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Young Aloe Vera shoots lit by sunrise with a sequin curtain in the background. Soft colors with copy space. Manfaat lidah buaya untuk rambut. (Foto: Getty Images/iStockphoto/NicolasMcComber)
Jakarta -

Sejak dulu hingga sekarang, banyak sekali produk perawatan rambut yang berbahan dasar aloe vera atau lidah buaya yang marak di pasaran. Banyak yang mengklaim bahwa ekstrak dari lidah buaya sendiri sangat bagus untuk segala perawatan, khususnya rambut. Lantas, apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut?

Dikutip dari Healthline, lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang banyak manfaatnya untuk tubuh dan cenderung aman digunakan untuk semua orang.

Sensasi dingin dari lidah buaya dapat memberikan efek menenangkan pada kulit. Itulah mengapa lidah buaya kerap digunakan untuk meredakan luka bakar dan luka sayatan pada kulit.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga sangat bagus untuk perawatan rambut. Dikutip dari Medical News Today, lidah buaya mengandung 75 bahan yang di dalamnya termasuk vitamin A, C, E, B12, dan kolin.

Beberapa kandungannya itu ternyata memiliki efek yang sangat baik untuk rambut. Bahkan, lidah buaya dapat mengatasi rambut rontok akibat tubuh yang kekurangan nutrisi loh.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Selain itu apalagi sih manfaat lidah buaya untuk rambut? Berikut penjelasan yang telah detikcom rangkum dari berbagai sumber:

1. Membuat rambut lebih berkilau

Rambut kucel akibat polusi yang kotor dan sinar matahari terkadang memang menyebalkan. Apalagi membuat sejumlah orang harus keramas lagi untuk mendapatkan rambut berkilau.

Namun, tak perlu khawatir. Masalah tersebut bisa diatasi dengan lidah buaya loh. Sebab, salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut bisa membuat lebih berkilau alami dan lebih tahan lama.

2. Memperkuat rambut

Lidah buaya memiliki banyak bahan aktif dan mineral yang dapat memperkuat rambut. Kandungan asam lemak, asam amino, vitamin A, B12, C, dan E dalam lidah buaya berperan membentuk folikel rambut yang sehat. Sebagai informasi, folikel rambut adalah tempat tumbuhnya rambut.

3. Mengontrol rambut berminyak

Manfaat lidah buaya berikutnya dapat mengontrol rambut yang berminyak. Kandungan enzim dalam lidah buaya dapat memecah lemak dan menghilangkan minyak ekstra (sebum) pada rambut.

4. Menghilangkan rasa gatal di kulit kepala

Kulit kepala yang terasa gatal bisa disebabkan oleh dermatitis seboroik. Kondisi ini terjadi akibat inflamasi yang memengaruhi kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe, kulit merah, dan bersisik.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya dapat mengurangi kulit bersisik dan gatal akibat dermatitis seboroik.

5. Merangsang pertumbuhan rambut

Banyak orang meyakini manfaat lidah buaya untuk merangsang pertumbuhan rambut. Meskipun bukti klinis memang masih sedikit, namun mengaplikasikan lidah buaya ke rambut dan kulit kepala dapat memperbaiki rambut yang rusak dan rontok.

Jadi buat kalian yang memiliki masalah rambut, seperti ketombe, kasar, hingga rontok bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasinya. Meski bukti klinis dari manfaat lidah buaya untuk rambut terbilang sedikit, namun tanaman ini terbilang aman untuk digunakan sebagai perawatan rambut.



Simak Video "Berapa Lama Proses Tumbuhnya Rambut Usai Jalani Implan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)