Selasa, 11 Jan 2022 12:05 WIB

Epidemiolog UI Klaim 70 Persen Anak RI Sudah Kebal COVID-19, PTM Aman?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen telah digelar di Jakarta sejak Senin (3/1/2021). PTM pun masih berjalan meski Jakarta kini menerapkan PPKM level 2. Ilustrasi ahli epidemiologi UI menyebut 70 persen anak di Indonesia sudah memiliki kekebalan terhadap COVID-19. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pembelajaran tatap muka (PTM) di DKI Jakarta kini berlangsung 100 persen di tengah merebaknya varian Omicron. Namun seorang epidemiolog meyakini, PTM tetap bisa berlangsung lantaran sebagian besar anak di Indonesia sudah memiliki kekebalan terhadap COVID-19.

"Sebagian besar anak Indonesia 70 persen itu walaupun belum PTM sudah terinfeksi, sudah kebal. Nanti divaksinasi sambil sekolah jalan maka akan semakin kebal, maka akan lebih bisa belajar di tempat (di sekolah)," ujar ahli epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono, dalam diskusi daring oleh Indikator Politik Indonesia, Minggu (9/1/2022).

"Belajar kan bukan hanya menampung, tapi juga bersosialisasi, bagaimana menanamkan tanggung jawab untuk memakai masker, mematuhi protokol kesehatan, hidup bersama-sama menghadapi pandemi selama ini," sambungnya.

Begitu juga di tengah merebaknya varian Omicron, Pandu meyakini, PTM tetap bisa berlangsung sembari protokol kesehatan diterapkan. Justru menurutnya, berjalannya aktivitas di seiring ancaman Omicron membuat masyarakat semakin mampu beradaptasi dengan situasi pandemi.

"Jadi menurut saya PTM tetap berjalan walaupun sekarang di tengah ancaman Omicron. Selama itu ada ancaman kemudian kita tahu dengan perilaku yang seharusnya kita lakukan bisa menekan ancaman itu, orang akan belajar 'oh ternyata kita bisa lebih cerdas daripada virus yang nggak punya otak'. Kita kan punya otak, punya pikiran, tapi kok kita kalah sama virus?" pungkas Pandu.



Simak Video "Beda Pendapat Ahli soal PTM saat Kasus Covid-19 Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)