Terbaru! Ini 3 Kombinasi Vaksin Booster COVID-19 Versi Kemenkes

ADVERTISEMENT

Terbaru! Ini 3 Kombinasi Vaksin Booster COVID-19 Versi Kemenkes

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 11 Jan 2022 17:38 WIB
Ribuan tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi COVID-19 di Surabaya. Ada 4 ribu lebih nakes yang disuntik vaksin COVID-19.
Ilustrasi vaksin booster COVID-19 (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkap 3 regime vaksin booster yang akan mulai diberikan pada Rabu (12/1/2022). Kombinasi dalam ketiga regime tersebut menyesuaikan hasil riset dan ketersediaan vaksin.

Berikut 3 regime kombinasi vaksin booster yang disampaikan Menkes Budi:

1. Regime 1

Vaksin Primer (dosis 1-2) Sinovac; mendapat Booster 1/2 dosis (half dose) Pfizer

2. Regime 2

Vaksin Primer (dosis 1-2) Sinovac; mendapat Booster 1/2 dosis (half dose) AstraZeneca

3. Regime 3

Vaksin Primer (dosis 1-2) AstraZeneca; mendapat Booster 1/2 dosis (half dose) Moderna

Panduan booster vaksin COVID-19 versi Kemenkes RIPanduan booster vaksin COVID-19 versi Kemenkes RI Foto: infografis detikHealth

"Ini adalah kombinasi awal dari regime vaksin booster yang kita akan berikan berdasarkan ketersediaan vaksin yang ada dan juga hasil riset yang sudah disetujui oleh BPOM dan ITAGI yang nantinya bisa berkembang, tergantung hasil riset baru yang masuk dan ketersediaan vaksin yang ada," jelas Menkes Budi, dalam siaran pers, Selasa (11/2/2022).

"Seluruh kombinasi ini sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM dan rekomendasi dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization)," tegasnya.

Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), vaksin booster akan diberikan secara gratis kepada warga berusia 18 tahun ke atas yang sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan yang lalu. Prioritas diberikan pada lansia dan kelompok rentan atau immunocompromized.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin darurat untuk 5 jenis vaksin COVID-19 untuk booster. Kombinasi homolog dan heterolog yang dianjurkan BPOM bisa disimak DI SINI.

Cek tiket, jadwal, dan lokasi vaksin booster dosis ketiga untuk umum (non nakes) bisa disimak sebagai berikut:

cek jadwal tiket dan lokasi vaksin booster di pedulilindungiCek jadwal tiket dan lokasi vaksin booster dosis ke-3 di PeduliLindungi Foto: infografis detikHealth


Simak Video "7 Kombinasi Vaksin Covid-19 untuk Booster Kedua Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT