Lokasi Vaksin COVID-19 Booster Ada di Mana Saja? Ini Kata Satgas

ADVERTISEMENT

Lokasi Vaksin COVID-19 Booster Ada di Mana Saja? Ini Kata Satgas

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 11 Jan 2022 19:46 WIB
Doctors wearing PPE uniforms white gloves are inoculating the arm muscles to prevent COVID 19.
Lokasi vaksin COVID-19 booster. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Worayuth Kamonsuwan)
Jakarta -

Vaksin booster gratis untuk masyarakat umum dimulai besok Rabu (12/1/2022). Diprioritaskan bagi lansia dan kelompok rentan, Satgas COVID-19 mengimbau masyarakat untuk segera mendatangi lokasi vaksin COVID-19 booster yang ditetapkan.

"Presiden sudah mengumumkan bahwa vaksin booster akan diberikan gratis pada masyarakat dengan prioritas lansia dan kelompok rentan lainnya," ungkap juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, Selasa (11/1/2022).

"Adapun syarat yang diperlukan untuk calon penerima vaksin dosis ketiga ini adalah calon penerima vaksin sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya," sambungnya.

Wiku menjelaskan vaksinasi booster penting dilakukan demi meningkatkan antibodi pasca vaksinasi. Terlebih, COVID-19 terus bermutasi dan memicu respons kekebalan tubuh tak lagi 'sekuat' di awal vaksinasi.

"Mohon kepada seluruh masyarakat di kabupaten/kota yang menjadi prioritas vaksinasi booster dan memenuhi persyaratan tersebut, untuk mendatangi sentral vaksinasi terdekat," bebernya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut lokasi vaksinasi booster bakal diselenggarakan di fasilitas kesehatan pemerintah, seperti berikut:

  • Puskesmas
  • Rumah sakit pemerintah pusat
  • Rumah sakit pemerintah daerah



Simak Video "7 Kombinasi Vaksin Covid-19 untuk Booster Kedua Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT