Selasa, 11 Jan 2022 23:59 WIB

9 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan, Buah Surga yang Melegenda

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Roti Panggang Buah Tin Buah tin yang melegenda, ini manfaatnya. (Foto: iStock)
Jakarta -

Buah tin atau istilah latinnya Ficus Carica adalah buah unik yang menyerupai tetesan air mata berwarna hijau atau ungu. Dagingnya pun diketahui berwarna merah muda yang dipenuhi dengan ratusan biji kecil.

Dikutip dari Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Magelang, buah tin merupakan tanaman yang sangat istimewa, bahkan menjadi salah satu nama surat di dalam Al-Qur'an, yaitu surat At-Tin.

Orang-orang mengenalnya sebagai buah surga yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja nutrisi yang terkandung di dalamnya?

Buah tin diketahui memiliki kandungan vitamin C, A, phenol, kalsium, kalium, laksatif, coumarin, flavonoid, kalium, omega 3, omega 6, gula, asam-asam, dan enzim lainnya yang terbukti ampuh menjaga tekanan darah tinggi dan jantung.

Manfaat Buah Tin

Nah, masih banyak lagi loh manfaat buah tin untuk kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (11/01/2022) berikut manfaat buah tin alias buah surga yang perlu diketahui.

1. Menghindari diabetes dan mengontrol glukosa

Ekstrak dari daun pohon tin bernama ficusin rupanya mampu meningkatkan insulin dan sifat antidiabetes.

Berdasarkan penelitian kecil pada tahun 1998, delapan peserta yang ikut dalam penelitian ini mengalami penurunan kadar glukosa setelah mengonsumsi ekstrak dari daun buah tin.

Semakin terkontrolnya kadar glukosa di dalam tubuh, semakin enggan diabetes untuk datang ke tubuh kita.

World Health Organization (WHO) juga menyarankan agar masyarakat menggunakan tanaman tradisional untuk membantu mengobati diabetes, salah satunya buah tin.

2. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi merupakan kondisi pria yang tidak mampu untuk mempertahankan ereksi saat melakukan hubungan seksual. Kondisi ini juga bisa disebut sebagai impotensi.

Namun, tak perlu khawatir. Cobalah mengonsumsi buah tin secara rutin yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. Sebab, kandungannya yang bersifat afrodisiak diklaim bisa merangsang gairah seksual seseorang loh.

3. Mengatasi masalah kulit

Getah pohon buah tin dipercaya dapat mengatasi sejumlah masalah kulit. Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Dermatology, menemukan bahwa 44% peserta yang menggunakan getah pohon buah tin pada kulitnya sangat efektif untuk menghilangkan kutil.

Hingga saat ini para peneliti belum mengerti mengapa buah tin bisa mengatasi kutil, terutama dari getah pohonnya. Namun, cara ini bisa menjadi salah satu pengobatan yang aman tanpa memberikan efek samping.

4. Baik untuk kesehatan rambut

Buah tin diketahui memiliki kandungan zat besi yang tinggi, dimana hal tersebut dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Namun, sebelum mencobanya, usahakan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa cara ini aman digunakan.

5. Mengurangi darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau disebut hipertensi dapat menyebabkan sejumlah komplikasi serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Salah satu faktor yang memicu tekanan darah tinggi adalah ketidakseimbangan kalium akibat makanan yang terlalu banyak mengandung natrium.

Nah, buah tin ini mengandung kalium tinggi yang dapat memperbaiki ketidakseimbangan tersebut. Bahkan kandungan seratnya dapat membantu mengurangi kandungan natrium yang berlebih di dalam tubuh.

6. Kolesterol

Banyaknya kandungan serat dalam buah tin dapat mengatasi kolesterol jahat. Sebagai informasi, kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit jantung maupun stroke.

Cobalah mengonsumsi buah tin secara rutin agar tubuh dapat membuang kolesterol melalui sistem ekskresi.

7. Meningkatkan kepadatan tulang

Buah tin merupakan sumber kalsium dan potasium yang berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Bahkan, dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis yang menyebabkan tulang menjadi mudah patah dan keropos.

8. Anti kanker

Sejumlah studi tentang buah tin yang diamati dalam tabung reaksi, menunjukkan efek senyawa dalam daun ara yang memberikan reaksi pada sel kanker.

Daun dan getah alami dari buah tin telah terbukti menunjukkan aktivitas antitumor atau anti kanker terhadap kanker usus besar, payudara, serviks, dan hati.

Meski demikian, bukan berarti memakan buah tin atau mengonsumsi teh dari daun ara akan memberikan efek yang sama.

Studi ini juga menawarkan titik awal yang menjanjikan, namun penelitian pada manusia masih perlu dilakukan lebih lanjut bagaimana bagian tanaman ini dapat memengaruhi pertumbuhan kanker.

9. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah tin atau disebut buah ara telah lama digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.

Sebab, buah ini mengandung serat tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melembutkan tinja, sehingga dapat mengurangi sembelit atau kesulitan BAB.

Tak hanya itu, buah tin juga berfungsi sebagai prebiotik atau sumber makanan untuk bakteri yang sehat di dalam usus.

Itulah 9 manfaat buah tin atau dikenal sebagai buah surga yang bisa kita dapatkan. Rasa manis yang terkandung di dalamnya bisa dijadikan sebagai gula alami yang sehat. Itu mengapa buah tin bisa dikonsumsi untuk pengidap diabetes.



Simak Video "3 Isu Arsitektur Kesehatan Global yang Disoroti G20 Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)