Diklaim Ampuh Turunkan Berat Badan, Begini Cara Melakukan Low Fat Diet

ADVERTISEMENT

Diklaim Ampuh Turunkan Berat Badan, Begini Cara Melakukan Low Fat Diet

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Selasa, 11 Jan 2022 07:30 WIB
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus
Low fat diet (Foto: istock)
Jakarta -

Apakah kamu pernah mendengar istilah low fat diet? Sesuai namanya, diet ini dilakukan dengan membatasi asupan lemak yang dikonsumsi.

Biasanya, low fat diet atau diet rendah lemak direkomendasikan untuk seseorang yang baru pulih dari operasi kandung empedu, memiliki penyakit kandung empedu, atau pankreas.

Dikutip dari Healthline, diet rendah lemak juga dapat mencegah sakit maag, mengurangi berat badan, dan menurunkan kolesterol. Dibutuhkan lebih dari sekadar makanan rendah lemak untuk menurunkan berat badan, yaitu harus memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi.

Untuk menurunkan berat badan dengan cara low fat diet, kamu perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi dengan berolahraga lebih banyak, kemudian makan lebih sedikit lemak, dan lebih sedikit kalori.

Dikutip dari WebMD, para ahli merekomendasikan kebanyakan orang dewasa mendapatkan 20 persen hingga 35 persen dari kalori harian yang berasal dari lemak, sekitar 44 hingga 77 gram lemak sehari jika kamu mengonsumsi 2.000 kalori sehari.

Untuk mengetahuinya, Kamu bisa membaca label nutrisi pada kemasan makanan. Label nutrisi menunjukkan jumlah gram lemak per porsi dan kalori per porsi. Makanlah berbagai makanan rendah lemak untuk mendapatkan semua nutrisi yang butuhkan.

Kamu bisa mengonsumsi sebagian besar makanan nabati, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, kemudian konsumsi makanan hewani tanpa lemak dan rendah lemak dalam jumlah sedang, berupa daging dan produk susu untuk membantu mengontrol lemak kolestrol.

Kemudian saat berbelanja, pilihlah ikan, unggas, dan daging tanpa lemak. Batasi ini hingga lima sampai tujuh ons per hari. Sumber protein rendah lemak yang baik lainnya juga bisa berupa kacang kering dan kacang polong, tahu, yogurt rendah lemak, susu rendah lemak atau skim, keju rendah lemak, dan tuna yang dikemas dalam air.

Pilih makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, biji rami, dan kenari untuk kesehatan jantung. The American Heart Association merekomendasikan makan ikan berlemak seperti salmon dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaat asam lemak omega-3.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT