Rabu, 12 Jan 2022 07:33 WIB

Penting! Cara Daftar, Cek Jadwal-Lokasi Vaksin Booster COVID di PeduliLindungi

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Simak cara daftar vaksin booster COVID-19 yang dimulai perdana hari ini, 12 Januari. Kementerian Kesehatan menyarankan untuk mengecek tiket di PeduliLindungi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan vaksin untuk booster COVID-19 gratis. Izin darurat 5 merek vaksin booster pun juga sudah dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dikutip dari siaran pers Kemenkes RI, pada Selasa (11/2/2022) kemarin, prioritas vaksin booster gratis ditujukan pada usia lanjut atau lansia dan kelompok rentan atau immunocompromized (peserta BPJS PBI).

Namun pada dasarnya, vaksin booster gratis bagi semua warga berusia 18 tahun ke atas yang sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Berikut cara cek tiket dan jadwal vaksin booster gratis di PeduliLindungi:

Jika kamu atau kerabat masuk kelompok prioritas vaksin booster vaksin COVID-19, bisa cek tiket dan jadwal vaksinasi di web maupun aplikasi PeduliLindungi. Tiket dapat digunakan di lokasi vaksin booster gratis yang ditentukan.

Lewat web PeduliLindungi:

  • Masukkan nama lengkap, NIK, lalu periksa di status vaksinasi dan hasil tes COVID-19

Aplikasi PeduliLindungi:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik 'profil' dan pilih 'status vaksinasi dan hasil tes COVID-19'
  • Status dan jadwal vaksin booster akan muncul di akun
  • Cek tiket vaksin melalui menu 'Riwayat dan tiket vaksin'

Bagaimana cara daftar?

Caranya, kamu dapat langsung ke fasilitas kesehatan atau lokasi vaksin booster gratis terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

cek jadwal tiket dan lokasi vaksin booster di pedulilindungicek jadwal tiket dan lokasi vaksin booster di pedulilindungi Foto: infografis detikHealth

(ayd/up)