Dosis 1-2 Pakai Sinovac, Booster-nya Boleh Pakai Vaksin Apa? Begini Aturannya

ADVERTISEMENT

Dosis 1-2 Pakai Sinovac, Booster-nya Boleh Pakai Vaksin Apa? Begini Aturannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Rabu, 12 Jan 2022 12:20 WIB
Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian RI, dr Maxi Rein Rondonuwu
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian RI, dr Maxi Rein Rondonuwu (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Pemberian booster atau dosis lanjutan vaksin COVID-19 dimulai hari ini, Rabu (12/1/2022). Salah satunya, di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, menggunakan Pfizer dan AstraZeneca.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian RI, dr Maxi Rein Rondonuwu, menyebut orang-orang yang menerima vaksin COVID-19 Sinovac pada vaksinasi dosis 1-2 bisa menerima Pfizer maupun AstraZeneca di lokasi vaksinasi booster.

Panduan booster vaksin COVID-19 versi Kemenkes RIPanduan booster vaksin COVID-19 versi Kemenkes RI Foto: infografis detikHealth

"Dosis 1-2 Sinovac dibooster dengan half dose Pfizer maupun AstraZeneca. Jadi di sini juga bisa juga dengan Pfizer, juga bisa dengan AstraZeneca," ujarnya saat ditemui detikcom di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Rabu (11/1/2022).

Ia menambahkan, kombinasi tersebut baru diperuntukkan Januari 2022, di mana vaksinasi booster baru dimulai. Ada kemungkinan, nantinya orang yang menggunakan AstraZeneca pada dosis 1-2 juga bisa menggunakan AstraZeneca atau Moderna pada dosis lanjutan booster vaksin COVID-19.

"Itu untuk Januari ini ya. Nanti kita lihat yang sudah dapat AstraZeneca (booster-nya) bisa dengan AstraZeneca juga, bisa dengan Moderna," sambung Maxi.



Simak Video "7 Kombinasi Vaksin Covid-19 untuk Booster Kedua Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT