Sabtu, 15 Jan 2022 12:11 WIB

Viral Video Belatung di Vagina, Dokter Jelaskan Kemungkinannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Warga Pekalongan membudidayakan belatung atau maggot untuk pakan ternak, (2/9/2019). Foto ilustrasi: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta -

Baru-baru ini beredar video belatung yang ramai jadi pembicaraan di media sosial TikTok dan Twitter. Sebagian besar netizen syok karena video tampak menunjukkan organ intim vagina berisi belatung hidup.

Dalam video yang beredar awalnya menunjukkan pasangan pria dan wanita sedang berhubungan badan. Kemudian tampak ada hewan seperti gerombolan belatung di dalam vagina sang wanita.

"Yang aku heran tuh belatung datang dari mana?? Apa sengaja di masukin apa gimana??" komentar satu pengguna Twitter.

Pakar seks dr Boyke Dian Nugraga, SpOG, MARS, menanggapi kemungkinan video yang viral itu hanya rekayasa. Alasannya belatung bukan hewan yang secara alami hidup di organ kelamin.

"Belatung itu enggak mungkin kecuali pada orang yang mati. Itu akal-akalan saja untuk shock factor," komentar dr Boyke pada detikcom, Sabtu (15/1/2022).

Hal senada juga diutarakan oleh dr Wisnu Setyawan, SpOG(K), dari Morula IVF Tangerang. Dalam kasus medis, biasanya belatung hanya ada pada jaringan yang sudah mati.

"Belatung biasanya pada jaringan yang sudah infeksi, sudah mati. Kalau inikan masih segar, masih sehat gitu orangnya. Kemungkinan buatan," ungkap dr Wisnu secara terpisah.

dr Wisnu menjelaskan kemungkinan kasus hewan di vagina memang bisa saja disebabkan oleh cacing kremi. Namun ini adalah hewan sejenis parasit yang berbeda dari belatung.

Cacing kremi merupakan parasit yang bisa berkembang di saluran pencernaan manusia dan akan keluar lewat anus saat dewasa. Pada proses keluar ini kadang cacing dapat berpindah dari anus masuk ke vagina.

"Namanya oxyuris vermicularis... Tapi ini jarang, biasanya pada yang hygiene-nya kurang bagus," papar dr Wisnu.

tonton juga: Kisah Pedagang Asongan Difabel, Berkilau di Lintasan Renang

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)