Minggu, 16 Jan 2022 14:05 WIB

Masih Ingat dr Faheem Younus? Beken Gegara Susu Beruang, Kini Kena COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Pakar infeksi dari University of Maryland, dr Faheem Younus, mengumumkan dirinya kena COVID-19. Dokter keturunan Pakistan ini sempat beken di Indonesia gara-gara 'Susu Beruang'.

"Dua pekan lalu saya mengalami gejala dan dites positif," katanya di akun Twitter @FaheemYounus, seperti dikutip pada Minggu (16/1/2022).

Melalui akun Twitter, ia membagikan 5 pelajaran penting yang bisa dipetik dari pengalamannya kena COVID-19. Di antaranya soal masker. Ia mengaku kena COVID-19 setelah mengikuti kumpul keluarga tanpa masker, padahal selama 2 tahun pandemi tidak pernah tertular dari pasien karena selalu disiplin menggunakan masker.

Hal lain yang ia sampaikan adalah pentingnya vaksinasi. Ia mengaku, manfaat vaksinasi dan booster membuatnya kini bisa kembali bekerja dan menceritakan pengalamannya, dan tidak perlu tumbang maupun menggunakan ventilator.

Sosok dr Faheem Younus sempat populer di Indonesia ketika terhadi lonjakan kasus COVID-19 pertengahan 2021. Meski sehari-hari berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Urdu, ia dalam berbagai kesempatan menggunakan bahasa Indonesia saat membahas isu terkait COVID-19 di Twitter.

Ia bahkan membahas berbagai isu lokal termasuk susu beruang yang sempat jadi buruan karena pada saat itu diyakini manjur menangkal COVID-19. Dalam salah satu cuitannya, ia mengaku menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan cuitannya ke Bahasa Indonesia.

(up/up)