Senin, 17 Jan 2022 08:16 WIB

Sempat Kena COVID, dr Faheem Ungkap Jenis Masker Terbaik Tangkal Omicron

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
N95 PPE protective mask resting on blue medical scrubs with copy space Masker terbaik tangkal Omicron. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pakar penyakit menular Amerika Serikat, dr Faheem Younus membeberkan betapa efektifnya masker mencegah penularan COVID-19, termasuk varian Omicron. Terbukti kala dirinya bertemu dengan banyak pasien COVID-19 selama 2 tahun ke belakang, ia tak pernah terinfeksi karena disiplin memakai masker.

Berbeda saat menghadiri acara keluarga, selama dua hari ia tidak menggunakan masker sama sekali. Akibatnya, ia terpapar COVID-19 varian Omicron.

"Saya menghadiri acara keluarga selama 2 hari tanpa menggunakan masker, dan terpapar COVID-19 varian Omicron," jelasnya dalam cuitan Twitter pribadi, Sabtu (15/1/2022).

"Jadi benar. Masker itu sangat efektif. Pakailah masker N95 atau KN95," sambung dia.

Anjuran dr Faheem ini serupa dengan wacana pedoman baru Pusat dan Pencegahan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang menyarankan menggunakan masker N95 atau KN95, karena tingkat filtrasi lebih tinggi. Sementara masker kain sama sekali tidak disarankan untuk dipakai menangkal COVID-19 termasuk Omicron.

Beberapa waktu lalu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi juga mengingatkan masker kain tak bisa melawan infeksi atau penularan varian Omicron.

"Tidak (masker kain tiga lapis). Kalau pake masker kain dobel dengan masker bedah," sarannya, kala itu.

Sementara dr Faheem juga menyarankan warga untuk segera divaksinasi booster dan tak melonggarkan protokol kesehatan, meskipun tengah bersama keluarga terdekat. Berdasarkan pengalaman terpapar Omicron, jika sudah divaksinasi lengkap tetapi tetap terinfeksi Omicron, masa pemulihan disebutnya akan berlangsung cepat.

"Wajib tahu seberapa besar risiko Anda terkait COVID-19. Segera divaksinasi booster, pakai masker KN/N95. Jika COVID-19 menyerang Anda, kemungkinan besar Anda akan pulih sepenuhnya."

"Pertemuan keluarga itu penting bagi saya. Tetapi toleransi risiko terkena COVID-19 setiap orang bisa berbeda," pungkas dr Faheem.

Simak Video 'Dr Faheem Younus Sempat Positif Omicron, Ini 5 Hal yang Diperhatikan':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)