Terbatas! Vaksin Sinovac Kini Hanya Diberikan pada Kelompok Ini

ADVERTISEMENT

Terbatas! Vaksin Sinovac Kini Hanya Diberikan pada Kelompok Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 17 Jan 2022 08:51 WIB
Kementerian Kesehatan RI akan memulai vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa (14/12) besok. Vaksin yang diberikan merupakan vaksin Sinovac.
(Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan vaksin COVID-19 jenis Sinovac kini hanya diberikan untuk program vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Hal ini tercantum dalam surat edaran terkait 'Tindak Lanjut Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Pada Anak Usia 6-11 Tahun dan Penggunaan Vaksin COVID-19 Sinovac'.

"Kami sampaikan bahwa vaksin COVID-19 jenis Sinovac hanya diperuntukan bagi pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun dan untuk melengkapi vaksinasi dosis ke-2 usia 12 tahun ke atas," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman Covid19.go.id, Senin (17/1/2022).

"Sehingga, pemberian dosis pertama vaksinasi primer di luar usia anak tidak diperbolehkan menggunakan vaksin Sinovac," lanjutnya.

Selain itu, dalam surat edaran tersebut juga disebutkan bahwa program vaksinasi anak usia 6-11 tahun kini sudah bisa dilaksanakan di seluruh kabupaten atau kota di Indonesia.

"Bersama ini kami sampaikan bahwa vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun telah dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota," tulisnya.

Prosedur ini mengacu pada standar yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021 tentang 'Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Bagi Anak Usia 6 Sampai Dengan 11 Tahun'.

Simak Video 'Detail Rencana Sinovac Luncurkan Vaksin Lawan Omicron Akhir Februari':

[Gambas:Video 20detik]



(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT