Kamis, 20 Jan 2022 15:48 WIB

Sempat Ditangguhkan, Masuk Thailand Kini Tak Perlu Karantina!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Otoritas pemerintah Thailand kembali melakukan lockdown karena melonjaknya kasus penyebaran COVID-19 varian Alpha dan Delta. Yuk kita lihat suasananya. Kini masuk ke Thailand tidak perlu karantina lagi. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Thailand akhirnya melanjutkan skema bebas karantina 'Test & Go' bagi para turis yang sudah divaksinasi COVID-19. Gugus tugas COVID-19 setempat mengumumkan ketentuan ini berlaku mulai 1 Februari 2022.

Skema bebas karantina ini sebelumnya sempat ditangguhkan sebulan yang lalu, lantaran dunia dihebohkan kemunculan varian Omicron, varian yang lebih menular ketimbang COVID-19 varian lain. Penangguhan bertahan hanya 7 pekan.

"Kebijakan tersebut mengharuskan pengunjung untuk dites COVID-19 pada saat kedatangan dan lagi lima hari kemudian, sambil menyetujui keberadaan mereka dilacak," juru bicara Taweesin Wisanuyothin mengatakan pada sebuah pengarahan.

Pihak berwenang Thailand juga memperpanjang jam restoran yang diizinkan untuk menyediakan alkohol hingga pukul 11 malam dari semula ketentuan pembatasan maksimal 9 malam. Namun, bar dan klub malam akan tetap ditutup.

Kebijakan ini kembali diterapkan demi memperbaiki sektor pariwisata yang sebelumnya hancur karena pandemi, lantaran jumlah orang yang masuk Thailand terbatas akibat ketentuan karantina ketat.

Pengunjung tahun lalu ke Thailand, salah satu tujuan wisata paling populer di Asia, sekitar 0,5 persen dari angka pra-pandemi, yang mencapai rekor hampir 40 juta pada 2019.

Gugus tugas juga setuju untuk memperluas program bebas karantina serupa lainnya, untuk menghidupkan kembali wisata seperti di pantai timur populer Pattaya dan Koh Chang.



Simak Video "Pemerintah Pertimbangkan untuk Bebaskan Karantina di Bulan April"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)