Sabtu, 22 Jan 2022 20:04 WIB

2 Pasien Omicron Meninggal, Kemenkes Ungkap Jenis Masker yang Ampuh-Tak Efektif

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Geger dua pasien Omicron meninggal dunia, diumumkan Kementerian Kesehatan RI per Sabtu (22/1/2022). Kedua pasien Omicron meninggal diketahui memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta, salah satunya sudah menerima dua dosis vaksin COVID-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Nadia Siti Tarmizi mengingatkan masyarakat untuk disiplin menggunakan masker di tengah merebaknya Omicron dengan kecepatan menular sangat tinggi. Wajib memakai masker ganda bila tetap ingin menggunakan masker kain.

"Masker dobel kalau pakai masker kain dengan masker medis, tapi yang penting pakai maskernya dengan benar. Tidak dipasang di bawah dagu atau hidung," sebut dr Nadia kepada detikcom Sabtu (22/1/2022).

Sementara penggunaan masker kain saja, untuk melawan Omicron sangat berisiko. Pertahanan diri mencegah infeksi Omicron bisa bobol karena penggunaan masker kain.

"Tetap (pakai) masker medis ya. Jangan masker kain," pesan dr Nadia.

Gejala Omicron

Pasien Omicron meninggal di Tanah Air sempat mengeluhkan gejala COVID-19 sesak napas. Gejala tersebut masuk dalam kategori berat.

Meski begitu, kedua pasien Omicron meninggal tersebut belum sempat masuk ruang ICU. Namun, sudah mendapatkan perawatan oksigen tambahan lantaran kadar saturasi oksigen rendah.

dr Nadia melanjutkan, umumnya pasien Omicron yang sudah divaksinasi lengkap dan tak memiliki riwayat komorbid bergejala ringan. Mengeluhkan batuk hingga pilek.

Saksikan juga: Dedikasi Guru Tunarungu, Mengajar 'Sunyi' Selama 15 Tahun

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)