Senin, 24 Jan 2022 12:47 WIB

Fakta Diabetes pada Anak, Diidap Matthew White Sebelum Meninggal di Usia 12

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
kenangan matthew white saat hidup. Matthew White sempat mengidap diabetes sebelum meninggal dunia. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Artis cilik Matthew White meninggal dunia saat dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta. Pihak manajemen Matthew, Oki Hartanto, mengatakan Matthew sempat dirawat akibat penyakit diabetes.

"Ada penyakit lama, diabetes. Jadi bukan karena Covid," kata Oki Hartanto pada detikcom, Senin (24/1/2022)

Oki mengatakan penyakit diabetes ini sudah diidap Matthew sejak lama, bahkan sebelum ia masuk ke am:pm artist management. Sebelum meninggal, kondisi Matthew sempat menurun dan tidak sadarkan diri karena penyakitnya itu.

"Dari sejak kenal menjadi talent kami (jadi sebelum film Danur 2) tayang....Matt sudah ada riwayat diabetes. Sebelum kami kenal sudah ada riwayat, jadi sebelum 2018 sudah ada," beber Oki Hartanto.

"Tapi 2 hari lalu (Sabtu) drop, dan tidak sadar," lanjutnya.

Penyebab diabetes pada anak tergantung jenis atau tipe diabetes yang diidap seseorang. Namun, anak-anak lebih mungkin didiagnosis mengidap diabetes tipe 1.

Tipe Diabetes pada Anak dan Penyebabnya

Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 pada anak merupakan kondisi tubuh anak yang tidak lagi memproduksi hormon penting (insulin). Meski belum ada obatnya, diabetes tipe 1 ini masih bisa dikelola dengan memantau jumlah gula darah dan produksi insulin dalam tubuh.

Dikutip dari Mayo Clinic, penyebab diabetes tipe 1 ini masih belum diketahui. Tapi, pada kebanyakan orang dengan diabetes tipe ini sistem kekebalannya secara keliru menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas.

Meski diabetes tipe 1 ini bisa terjadi di semua usia, periode puncaknya terjadi pada usia 5-6 tahun dan terjadi lagi pada usia 11-13 tahun. Tanda awal dari diabetes ini adalah terjadi peningkatan frekuensi buang air kecil, terutama di malam hari bahkan mengompol.

Adapun beberapa gejala utama lainnya, seperti meningkatnya rasa haus dan kelelahan, kehilangan berat badan, hingga nafsu makan yang meningkat.

Perlu diingat, diabetes tipe 1 ini tidak akan menular ke orang lain. Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak gula bukan penyebab utama diabetes tipe 1 ini.

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe pada anak adalah penyakit kronis yang mempengaruhi cara tubuh anak dalam memproses gula (glukosa). Tanpa pengobatan yang tepat, kondisi ini bisa menyebabkan gula menumpuk dalam darah yang menyebabkan konsekuensi jangka panjang yang serius.

Tipe diabetes ini lebih sering terjadi pada orang dewasa. Namun, ini juga bisa terjadi pada anak yang disebabkan masalah obesitas.

Penyebab dari diabetes tipe 2 ini juga belum diketahui pasti. Tetapi, ini bisa disebabkan karena faktor keturunan atau genetika dan obesitas atau kelebihan lemak, terutama di sekitar perut.

Simak Video 'Sebelum Meninggal, Matthew White Pernah Dirawat karena Diabetes':

[Gambas:Video 20detik]



(sao/up)