Selasa, 25 Jan 2022 09:55 WIB

Hari Gizi Nasional, Ini 5 Asupan Nutrisi Penting buat Kesehatan

Erika Dyah - detikHealth
Ilustrasi Nutrisi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di bulan Januari, Hari Gizi dan Makanan Nasional (Hari Gizi Nasional/HGN) diperingati setiap tahunnya di tanggal 25. Hari nasional yang memiliki sejarah panjang ini menjadi pengingat untuk masyarakat agar senantiasa memenuhi kebutuhan nutrisinya lewat asupan bergizi.

Tahukah Anda? HGN ada untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada 25 Januari 1951. Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia hingga tanggal 25 Januari ditetapkan sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Kebutuhan akan nutrisi yang baik mesti dijaga melalui pola makan yang sehat. Hal ini mesti diperhatikan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh serta mencegah kerusakan organ-organ vital tubuh.

Ingin tahu cara meningkatkan nutrisi dalam tubuh? Coba konsumsi 5 asupan bergizi berikut ini agar tubuh tetap sehat dan bugar hingga hari tua.

Telur

Makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan dan diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Dengan konsumsi telur, Anda bisa mendapatkan banyak sekali nutrisi penting untuk kesehatan otak, seperti vitamin B6 dan B12, folat, serta kolin.

Vitamin B yang terkandung dalam telur dapat membantu memperlambat perkembangan penurunan mental pada orang tua. Kekurangan dua jenis vitamin B - folat dan B12 disebut berkaitan dengan depresi.

Sementara itu, kuning telur merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik dan bisa memenuhi kebutuhan Anda akan berbagai nutrisi penting, seperti kolin. Diketahui, asupan kolin yang lebih tinggi dikaitkan dengan memori dan fungsi mental yang lebih baik.

Ikan

Ikan merupakan makanan bergizi tinggi dan juga kaya akan asam lemak omega-3 untuk menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembap. Kandungan ini bisa Anda dapatkan dengan konsumsi ikan salmon.

Selain menjaga kesehatan kulit, asam lemak omega-3 ini juga mampu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat. Kandungan ini juga dapat membuat kulit kurang sensitif terhadap sinar UV matahari.

Daging Sapi

Tak cuma lezat, daging sapi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ia merupakan sumber protein yang sangat baik dan mengandung banyak nutrisi, seperti sumber omega-3, lemak tak jenuh, vitamin B12, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, zat besi (terserap dengan cepat dan baik dibanding zat besi dari pangan nabati), dan zinc.

Daging sapi yang sudah dihilangkan lemaknya otomatis mengandung kadar lemak yang relatif rendah dan memiliki kadar komposisi kolesterol yang sesuai untuk tubuh. Selain itu, daging tanpa lemak juga kaya akan sumber antioksidan dan senyawa bioaktif seperti taurin, karnitin, CLA (conjugated linoleic acid), carnosin, glutathione, kreatin, dan kolin.

Alpukat

Siapa bilang nutrisi penting hanya bisa didapat dari daging-dagingan saja? Faktanya, buah seperti alpukat juga memiliki banyak nutrisi bergizi dan kaya akan lemak sehat. Lemak ini memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan kulit.

Selain itu, alpukat mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit sehat. Alpukat juga memiliki sumber vitamin E yang baik, serta merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif.

Susu

Sesuai slogan 'Empat sehat, lima sempurna', konsumsi susu tak boleh ketinggalan untuk memenuhi kebutuhan akan gizi bernutrisi. Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, mineral dan lemak. Makanan yang satu ini bisa dikonsumsi oleh orang dari segala usia, mulai anak-anak hingga lanjut usia.

Orang dewasa hingga lanjut usia bisa mengonsumsi susu setiap hari untuk mendapat tambahan nutrisi yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan. Salah satu susu bernutrisi yang bisa jadi pilihan tepat untuk orang dewasa ialah Ensure.

Dengan nutrisi lengkap dan seimbangnya, Ensure mampu mendukung fungsi penting otot serta menjaga daya tahan tubuh. Ensure memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya.

Tidak hanya itu, Ensure juga kaya mengandung omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan diperkaya nutrisi penting lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Tak ketinggalan, Ensure yang memiliki uji klinis merupakan brand nutrisi dewasa dengan penjualan nomor 1 di dunia, serta produk bernutrisi terpercaya dan direkomendasikan di Indonesia.



Simak Video "Permasalahan Gizi di Indonesia, Stunting dan Obesitas Jadi Sorotan"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)