Selasa, 25 Jan 2022 05:10 WIB

Round Up

Tak Ada Rencana Hentikan Sekolah Tatap Muka, Ancaman Omicron Jadi Sorotan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sekolah di Jakarta menggelar tatap muka terbatas hari ini. Kapasitas ruang kelas bisa terisi 100 persen dengan durasi belajar 6 jam. Sekolah tatap muka dipastikan tetap lanjut di tengah ancaman Omicron (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan memastikan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) tetap akan dilanjutkan. Kebijakan khusus akan diambil jika terjadi hal-hal luar biasa.

"Pembelajaran (tatap muka) sampai saat ini tetap dilaksanakan, kalau ada hal-hal yang luar biasa akan diambil keputusan tersendiri," paparnya dalam konferensi pers evaluasi PPKM, Senin (24/1/2022).

"Jadi kita tidak ada rencana untuk menghentikan sekolah tatap muka," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan menyoroti masih rendahnya cakupan vaksinasi COVID-19 pada anak 6-11 tahun. Menurutnya, anak-anak bersama lansia dan pengidap komorbid tergolong rentan terhadap risiko penularan.

"Saran saya pada pemerintah tolong ditinjau ulang kebijakan PTM terutama untuk anak-anak di bawah 12 tahun ini," saran dr Erlina dalam konferensi pers 'Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron', Senin (24/1/2022).

"Karena memang sekarang peningkatan kasus melonjak, mungkin sabar sedikit anak 6-11 tahun ini jangan PTM dulu tunggu sampai terjadinya COVID-19 Omicro ini terkendali," terangnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam evaluasi PPKM mengatakan, risiko peningkatan kasus Omicron berpeluang terjadi paling tinggi di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Karenanya, cakupan vaksinasi booster COVID-19 di wilayah ini akan menjadi salah satu prioritas.

"Vaksinasi untuk lansia terutama, yang sangat rawan untuk masuk rumah sakit dan wafat, dan juga untuk vaksinasi anak yang rawan sebagai sumber penularan karena mereka yang akan terkena," kata Menkes.



Simak Video "KuTips: Jurus Menghindari Hepatitis Misterius Saat PTM"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)