Selasa, 25 Jan 2022 07:31 WIB

Updated

Aturan Terbaru Masuk Mal di DKI, Wajib Tahu Sebelum Berangkat

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Jakarta -

Wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) berada di level 2 PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) hingga sepekan ke depan. Sejumlah pembatasan berlaku dalam kegiatan sehari-hari, termasuk untuk bepergian ke mal.

Meski sempat berada di level 1, DKI masuk ke level 2 sejak sepekan yang lalu. Karenanya, kunjungan ke mal dan pusat perbelanjaan tidak lagi 100 persen. Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Irmendagri) Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2 dan Level 1 di Wilayah Jawa dan Bali.

"Kapasitas maksimal 50 persen (lima puluh persen) dan jam operasional sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat," tulis Irmendagri tersebut.

Selain itu, anak usia di bawah 12 tahun hanya boleh masuk ke mal atau pusat perbelanjaan jika didampingi orang tua. Penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga tetap wajib bagi para pengunjung mal.

Aturan Terbaru Masuk Mal

Berikut aturan terbaru masuk mal di Jabodetabek:

  1. Kapasitas maksimal 50 persen (lima puluh persen) dan jam operasional sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat
  2. Wajib untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan terkait dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan
  3. Anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun boleh masuk dengan syarat didampingi orang tua dan mencatat nomor telepon yang bisa dihubungi untuk kebutuhan tracing
  4. Tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup
(any/up)