Selasa, 25 Jan 2022 08:34 WIB

Kabar Baik Buat Penerima Sinovac! Tiga Vaksin Ini Efektif Jadi Booster

Firdaus Anwar - detikHealth
Kementerian Kesehatan RI akan memulai vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa (14/12) besok. Vaksin yang diberikan merupakan vaksin Sinovac. Foto ilustrasi: Antara Foto
Jakarta -

Ada kabar baik bagi penerima vaksin COVID-19 Sinovac. Riset terbaru yang dilakukan oleh peneliti Oxford membuktikan tiga jenis vaksin booster dari Pfizer, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson (J&J) bisa meningkatkan antibodi secara signifikan.

Peneliti mengetahuinya setelah melihat data dari 1.240 relawan penerima dosis primer vaksin Sinovac di Brasil. Sebelum pemberian booster dilakukan, diketahui hanya 20,4 persen orang dewasa berusia 18-60 tahun dan 8,9 persen lansia di atas 60 tahun dengan tingkat antibodi yang cukup.

Setelah relawan diberikan booster, efek peningkatan antibodi paling tinggi terjadi pada vaksin dengan platform mRNA. Sementara itu peningkatan yang paling rendah diamati pada relawan yang dosis ketiganya vaksin Sinovac lagi.

Direktur Oxford Vaccine Group, Andrew Pollard, mengatakan semoga studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal The Lancet ini dapat menjadi pertimbangan para pembuat kebijakan.

"Studi ini memberikan pilihan penting bagi pembuat kebijakan di banyak negara yang menggunakan vaksin inaktif tersebut," kata Andrew seperti dikutip dari Reuters, Selasa (25/1/2022).

Vaksin COVID-19 Sinovac telah digunakan di sekitar 50 negara, termasuk Indonesia. Kementerian Kesehatan mengarahkan penerima dosis primer vaksin Sinovac di Indonesia mendapat booster dari vaksin Pfizer, Moderna, atau AstraZeneca.



Simak Video "Kemenkes Bolehkan Vaksin Sinovac Jadi Pilihan Booster Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)