Selasa, 25 Jan 2022 19:36 WIB

Booster Vaksin Sinovac: Kombinasi hingga Syarat Menerimanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kementerian Kesehatan RI akan memulai vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa (14/12) besok. Vaksin yang diberikan merupakan vaksin Sinovac. Booster vaksin Sinovac (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Program vaksinasi booster telah dimulai sejak 12 Januari 2022 lalu dan gratis untuk masyarakat Indonesia. Mengingat di Indonesia banyak sekali yang mendapat vaksin primer Sinovac, lantas, apa jenis booster vaksin Sinovac yang diperbolehkan?

Nah, booster vaksin Sinovac bisa dilakukan dengan metode heterolog atau vaksin yang berbeda dengan dua suntikan sebelumnya.

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, vaksin booster diberikan sesuai pertimbangan ketersediaan vaksin yang ada pada tahun ini, serta dipertimbangkan juga berdasarkan hasil riset peneliti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

"Vaksinasi booster ini penting bagi seluruh rakyat Indonesia diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya," kata Menkes.

Kombinasi Booster Vaksin Sinovac

Penasaran apa kombinasi booster vaksin Sinovac yang telah disetujui oleh BPOM? Berikut informasinya:

- Penerima vaksin primer (1 dan 2) jenis Sinovac akan diberikan setengah dosis (0,15 ml) vaksin booster Pfizer
- Penerima vaksin primer (1 dan 2) jenis Sinovac akan diberikan setengah dosis (0,25 ml) vaksin booster AstraZeneca

Selain booster vaksin Sinovac, ada juga vaksin booster vaksin AstraZeneca yang telah disetujui oleh BPOM. Berikut informasinya:

  • Penerima vaksin primer (1 dan 2) jenis AstraZeneca akan diberikan setengah dosis vaksin Pfizer (0,15 ml)
  • Penerima vaksin primer (1 dan 2) jenis AstraZeneca akan diberikan setengah dosis vaksin Moderna (0,25 ml)
4 Kombinasi vaksin booster COVID-19 dari Kemenkes RI4 Kombinasi vaksin booster COVID-19 dari Kemenkes RI Foto: infografis detikHealth

Syarat Booster Vaksin Sinovac atau AstraZeneca

Nah, sebelum pergi untuk mendapatkan booster vaksin Sinovac atau AstraZeneca di unit kesehatan, ketahui dulu syarat-syaratnya. Berikut informasinya:

  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap
  • Minimal berjarak 6 bulan sebelumnya

Sedangkan untuk ibu hamil, penggunaan vaksin mengacu pada Surat Edaran nomor HK.02.01/1/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 bagi Ibu Hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi COVI0-19.

kombinasi vaksin booster covid-19 bpom ri 17 januariKombinasi vaksin booster COVID-19 yang direkomendasikan BPOM RI Foto: Uyung/detikHealth



Simak Video "Booster Sinovac Dinilai Tak Mampu Lindungi dari Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)