Selasa, 25 Jan 2022 21:20 WIB

Berapa Lama Gejala Omicron Akan Muncul Sejak Terinfeksi? Cek di Sini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
SDN Jati 01 Pagi, Pulo Gadung, Jakarta Timur, gelar swab PCR massal yang diikuti para guru. Hal itu dilakukan guna cegah penyebaran Corona di lingkungan sekolah Virus Corona (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kemunculan varian Omicron semakin membuat masyarakat di dunia khawatir. Pasalnya, varian ini jauh lebih cepat menyebar dan menunjukkan gejala yang sangat mirip dengan flu biasa.

Menurut para ahli, varian Omicron memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dari varian COVID-19 lainnya. Masa inkubasi merupakan jarak waktu dari pertama kali terinfeksi virus hingga timbulnya gejala.

Spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine, Dr William Schaffner, MD, mengungkapkan masa inkubasi dari varian Omicron ini lebih singkat atau pendek. Hal ini membuatnya sulit untuk dihambat penyebarannya.

"Omicron ini sangat menular. Sangat sulit untuk menghambat penyebarannya berdasarkan populasi," kata Dr Schaffner yang dikutip dari laman Prevention, Selasa (25/1/2022)

Berapa Lama Masa Inkubasi Varian Omicron?

Sebuah studi baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menganalisis data dari enam orang yang tertular varian Omicron. Hasilnya, masa inkubasi pasien Omicron ini terjadi dalam waktu 73 jam atau tiga hari.

Pada masa inkubasi tersebut, beberapa pasien mengembangkan gejala pertama 33 jam setelah terpapar virus. Sementara yang lainnya baru menunjukkan gejala setelah 75 jam.

Menurut peneliti CDC, masa inkubasi varian Omicron jelas lebih pendek dari varian Corona sebelumnya. Pada varian asli (SARS-CoV-2 asli) itu sekitar lima hari atau lebih, sedangkan pada varian Delta sekitar empat hari.

Gejala-gejala Omicron yang muncul menurut laporan CDC biasanya meliputi:

  • Batuk
  • Kelelahan
  • Penyumbatan (pada saluran pernapasan)
  • Pilek
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]