Selasa, 25 Jan 2022 21:45 WIB

Kenali Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia, Ternyata Beda-beda!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Hipertensi Tekanan darah normal (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Tekanan darah normal pada setiap orang itu berbeda-beda dan umumnya disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya usia. Semakin bertambah usia seseorang, semakin tinggi juga kisaran tekanan darah normal. Kok bisa sih?

Tekanan darah bisa dikatakan normal apabila tekanan pada angka yang tak terlalu tinggi dan juga tak terlalu rendah. Tekanan darah umumnya menunjukkan seberapa kuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Ukuran ini biasanya sebagai tanda vital tubuh yang kerap dijadikan acuan untuk melihat kesehatan tubuh secara umum. Tentunya, juga harus dipantau secara berkala.

Dikutip dari Verywell Health, Senin (25/01/2022) tekanan darah dituliskan dengan 2 angka yang dipisah dengan garis miring, misalnya 120/80.

Angka 120 mewakilkan tekanan darah sistolik, yakni tekanan saat jantung berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan angka 80 mewakilkan tekanan darah diastolik, yaitu tekanan saat otot jantung berelaksasi sebelum kembali memompa darah.

Kedua tekanan ini memiliki kisaran normal yang berbeda-beda, begitu juga tekanan darah normal berdasarkan usia. Lantas, berapa tekanan darah normal berdasarkan usia? Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasinya:

1. Tekanan darah normal pada anak-anak

Tekanan darah normal pada usia anak-anak dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  • Anak yang baru lahir-berusia 1 bulan: Batas normal tekanan sistolik berkisar antara 60-90 mmHg dan diastolik berkisar 20-60 mmHg.
  • Anak bayi: Batas normal tekanan sistolik berkisar 87-105 mmHg dan diastolik berkisar 53-66 mmHg.
  • Anak balita: Batas normal tekanan sistolik bekisar 95-105 mmHg dan diastolik berkisar 53-66 mmHg
  • Anak usia prasekolah: Batas normal tekanan sistolik berkisar antara 95-110 mmHg dan tekanan diastolik berkisar antara 56-70 mmHg.
  • Anak usia sekolah : Batas normal tekanan sistolik bekisar antara 97-112 mmHg dan tekanan diastolik berkisar antara 57-71 mmHg.

2. Tekanan darah normal pada remaja

Tekanan darah remaja memiliki batas normal tekanan sistolik sekitar 112-128 mmHg dan diastolik sekitar 66-80 mmHg. Variasi tekanan darah normal seorang remaja umumnya disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti tinggi badan dan jenis kelamin.

3. Tekanan darah normal pada dewasa

Dikutip dari American Heart Association, orang dewasa (usia 20 atau lebih) dapat dikatakan memiliki tekanan darah normal apabila angkanya berada di 120/80 mmHg. Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik atau kondisi emosional.

4. Tekanan darah normal pada ibu hamil

Berbeda dengan orang normal, tekanan darah pada ibu hamil menunjukkan angka yang cukup drastis untuk kenaikan atau penurunannya. Namun, secara normal, tekanan pada ibu hamil berada di angka 120/80 mmHg.

Namun, ketika seorang wanita sedang dalam kondisi hamil biasanya akan memiliki tekanan yang bisa berubah kapan saja. Hal ini disebabkan oleh faktor hormonal.

4. Tekanan darah normal pada usia lanjut

Berdasarkan American Heart Association (AHA) dan American College of Cardiology (ACC), tekanan darah normal pada orang lanjut usia (lansia) yang umurnya 65 tahun atau lebih, berada di bawah 130 mmHg untuk tekanan sistolik dan di bawah 80 mmHg untuk tekanan diastolik.

Apabila lansia memiliki tekanan darah 130/ 80 mmHg atau lebih tinggi, ACC dan AHA menyarankan untuk segera diobati dengan obat-obatan. Sebab, tekanan darah ini sudah tergolong hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara Mengontrol atau Menjaga Tekanan Darah Normal

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga tekanan darah agar tetap normal

  • Menjaga berat badan
  • Olahraga
  • Mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur, protein, buah, dan lainnya
  • Hindari makanan yang terlalu asin
  • Kurangi minum alkohol
  • Jangan merokok
  • Menjaga pola tidur yang baik
  • Mengelola stres

Apabila tekanan darah berada di atas atau di bawah rentang tekanan darah normal berdasarkan usia, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk dicek lebih lanjut untuk menghindari sejumlah komplikasi serius.



Simak Video "KuTips: 5 Tips Biar Kamu Nggak Hipertensi "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)