Rabu, 26 Jan 2022 10:44 WIB

Mata Gatal dan Merah Termasuk Gejala Omicron? Pakar Infeksi Angkat Bicara

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Asian, Indian young woman rubbing her eye and holding eyeglasses. She is suffering with aching eyes while working long hours on computer at home. Mata merah dan gatal gejala omicron? (Foto: iStock)
Jakarta -

Kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia terus melonjak. Tercatat kasus Omicron yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan mencapai 1.766 orang per Rabu (26/1/2022) di Indonesia.

Gejala yang ditimbulkan dari COVID-19 varian Omicron hampir mirip dengan flu biasa, seperti demam, batuk, sakit kepala, hingga pilek. Namun, baru-baru ini, muncul lagi gejala yang diklaim pertanda COVID-19 varian Omicron, yaitu mata gatal. Lantas apakah benar?

Sebagaimana diketahui, COVID-19 varian Omicron masih tergolong baru dan masih sedikit penelitian tentang gejala yang ditimbulkan dari varian tersebut. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa varian COVID-19 lain yang bukan Omicron menyebabkan konjungtivitis alias peradangan berupa mata gatal dan merah.

Menurut American Academy of Ophthalmology, konjungtivitis bisa disertai dengan gejala seperti mata kemerahan, gatal, mata berair, dan pandangan pun menjadi buram atau terganggu.

Oleh karena itu, para ahli menyebut bahwa sangat memungkinkan konjungtivitis atau mata gatal muncul sebagai tanda COVID-19 varian Omicron.

"Banyak virus pernapasan juga dapat berdampak pada konjungtiva mata," kata pakar penyakit menular Amesh A. Adalja, M.D., seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins.

Tatevik Movsisyan, OD, kepala Advanced Ocular Care Service di The Ohio State University College of Optometry, juga mengatakan bahwa SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, "adalah virus yang tampaknya memengaruhi banyak sistem."

Untuk itu, Dr. Movsisyan mengatakan masuk akal jika Omicron dapat berdampak pada mata dan menyebabkan gejala seperti kemerahan, iritasi, dan gatal.

"Dengan virus apa pun, respons tubuh adalah peradangan, yang dapat menyebabkan mata merah dan gatal," katanya.



Simak Video "Mata Merah, Gejala COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)