Rabu, 26 Jan 2022 13:06 WIB

Monyet Lab Kabur Usai Kecelakaan Truk, Wanita yang Kontak Dekat Jatuh Sakit

Firdaus Anwar - detikHealth
Monyet ekor panjang di obyek wisata Karang Gantungan Foto ilustrasi: Wisma Putra/detikTravel
Jakarta -

Truk yang membawa sekitar 100 monyet lab di Amerika Serikat mengalami kecelakaan pada Jumat pekan lalu. Saat terjadi kecelakaan tiga ekor monyet berhasil kabur dan seorang wanita bernama Michele Fallon menghentikan kendaraannya untuk membantu sopir truk.

Seluruh monyet lab yang kabur berhasil diamankan pada Senin (24/1/2022). Selama masa pencarian otoritas setempat mengingatkan warga agar berhati-hati tidak mendekati monyet karena bisa menularkan penyakit.

Fallon belakangan mengaku mengalami gejala mata merah (konjungtivitis). Ia langsung mendapat dosis vaksin rabies serta obat-obatan antiviral di fasilitas kesehatan.

"Saya hanya mencoba membantu, tidak terpikir akan jadi seperti ini," kata Fallon pada PAHomepage dan dikutip Rabu (26/1/2022).

"Sopir truk itu cuma bertanya apa trailernya baik-baik. Dia tidak pernah bilang 'kalau dekat dengan peti, jangan disentuh'. Bila dia bilang seperti itu saya akan lebih hati-hati," lanjutnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah mengirim surat untuk Fallon yang mengimbau agar mewaspadai gejala demam, letih, batuk, diare, dan muntah-muntah. Spesies Macaca fascicularis atau monyet ekor panjang yang dibawa truk diketahui rentan menularkan virus Herpes B pada manusia.

Monyet-monyet tersebut sebetulnya dijadwalkan akan masuk ke fasilitas karantina setelah didatangkan dari Mauritius.



Simak Video "Mengenal Cacar Monyet yang Mewabah di Sejumlah Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)