Rabu, 26 Jan 2022 14:52 WIB

Berkaca dari Jerome Polin, Ini Manfaat Minta Maaf Bagi Kesehatan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sean Gelael vs Jerome Polin Jerome Polin minta maaf setelah menuai kontroversi (Foto: screenshot IG @gelaelized)
Jakarta -

Baru-baru ini, influencer Jerome Polin mendadak jadi perbincangan hangat usai cuitannya yang dianggap tak menghargai para pembalap di Indonesia.

"GILEE KEREN BANGET! Ada gak sih pembalap Indonesia yang balapan di balapan Internasional?? #IndonesiadiMotoGP," cuit Jerome yang mengomentari pemberitaan tentang pebalap Astra Honda Racing Team Mario Suryo Aji, untuk turun di seri Moto2 atau Moto3 di Mandalika Maret nanti.

Cuitannya tersebut pun langsung mendapatkan berbagai komentar dari warganet dan bahkan, pembalap RI, Sean Gelael juga turut mengkritik pendapat Jerome Polin di Twitter.

"Saya kira Anda bisa bertindak cerdas, tapi jelas mereka tak mengajarkanmu tentang rasa hormat. Orang-orang yang memiliki suara benar-benar perlu mulai berpikir lebih daripada mencoba mendapatkan viewers dan like," tulis Sean Gelael di instagram stories-nya.

"@jeromepolin kita sudah kibarkan Merah Putih dan mengharumkan bangsa," tambahnya. Sean Gelael juga memperlihatkan foto-foto pebalap Indonesia yang sudah membawa nama Indonesia di ajang internasional, seperti Gerry Salim, Doni Tata, Rio Haryanto, Ananda Mikola, dan Dimas Ekky.

"Belajarlah dari pahlawan-pahlawan yang susah payah berusaha keras untuk mengharumkan nama bangsa @jeromepolin," tulis Sean lagi.

Setelah cuitannya mendapatkan banyak kritik, Jerome Polin akhirnya meminta maaf, baik itu kepada masyarakat dan para pembalap RI.

Manfaat Minta Maaf untuk Kesehatan

Nah, ucapan minta maaf seperti yang dilakukan oleh Jerome Polin ternyata memiliki banyak manfaatnya loh. Selain untuk kebaikan sosial, meminta maaf juga memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Psychology Today, menerima permintaan maaf dapat memberikan efek fisik yang positif pada tubuh. Bahkan, dapat juga mempengaruhi fungsi tubuh orang yang menerimanya, seperti mengurangi tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan mengatur pernapasan.

Adapun manfaat emosional atau kesehatan mental yang bisa kita dapatkan dari permintaan maaf, yaitu:

  • Seseorang yang telah dirugikan akan merasakan penyembuhan emosional saat tahu keberadaan atau luka hatinya diakui oleh orang yang bersalah
  • Ketika menerima permintaan maaf, seseorang tak lagi menganggap orang yang bersalah sebagai ancaman pribadi
  • Minta maaf membantu seseorang mengatasi kemarahan dan mencegah diri terjebak di masa lalu
  • Dengan minta maaf, seseorang dapat membantu membebaskan dirinya sendiri dari rasa bersalah yang merampas harga dirinya
  • Minta maaf dapat mengembangkan rasa percaya diri yang dalam
  • Minta maaf dapat mencegah seseorang untuk mengulangi tindakan tersebut

Jadi guys, meminta maaf itu tak hanya membebaskan kita dari masalah sosial, namun juga memberikan manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.

Simak Video 'Jerome Polin Minta Maaf ke Sean Gelael Soal Twitnya':

[Gambas:Video 20detik]




(suc/up)