Rabu, 26 Jan 2022 16:01 WIB

Fakta-fakta Anak Nurul Arifin Meninggal karena Henti Jantung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah keluarga dan kerabat saat melayat di rumah duka Maura Magnalia Widyaratri anak dari Nurul Arifin di kediamannya di Puri Cinere, Depok, Selasa, (23/1). Anak Nurul Arifin meninggal karena henti jantung. (Foto: Palevi S/detikcom)
Jakarta -

Anak Nurul Arifin meninggal karena henti jantung. Maura Magnalia Madyaratri, putri sulungnya, tutup usia di umurnya yang masih menginjak 27 tahun.

Dikabarkan bahwa Maura ditemukan oleh asisten rumah tangganya dengan posisi tertidur di meja makan. Ia dinyatakan meninggal pada Selasa (24/1/2022) pukul 5.37 pagi.

"Dia kalau penyebab sakitnya kan henti jantung, terus tadi kami bawa ke rumah sakit pukul 05.00 WIB pagi, dinyatakan meninggal 05.37 WIB. Jadi ada waktu 37 menit. Dari rumah sudah lemas dan dingin," ungkap suami Nurul Arifin, Mayong Suryo Laksono, Selasa (25/01/2022).

Apa itu henti jantung?

Henti jantung atau cardiac arrest adalah kondisi saat jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh karena tidak berdetak secara efektif seperti normalnya.

Dikutip dari laman Primaya Hospital, henti jantung terjadi akibat masalah pada fungsi pemompaan jantung yang dipicu gangguan kelistrikan jantung. Ketika jantung berhenti memompa darah, organ-organ tersebut pun tak bisa bekerja dengan normal hingga memicu kematian seluruh sistem tubuh.

Henti jantung seperti yang dialami anak Nurul Arifin, Maura Magnalia, berbeda dari serangan jantung.

Serangan jantung umumnya muncul saat ada gangguan aliran darah di pembuluh darah. Secara tiba-tiba terjadi lantaran pembuluh darah tersumbat. Biasanya karena ada pembekuan darah. Komplikasi ini juga bisa menyebabkan henti jantung.

Gejala henti jantung

Gejala henti jantung sering kali tidak terasa sama sekali. Orang bisa tiba-tiba mendadak pingsan dan tak bernapas akibat jantungnya berhenti memompa darah.

  • Namun beberapa gejala atau tanda awalnya seperti
  • Hilang kesadaran atau pingsan
  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Jantung berdebar kencang

Putri Nurul Arifin meninggal dunia setelah mengalami henti jantung. Kondisi itu bisa membuat seseorang kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

Penyebab henti jantung

Penyebab henti jantung adalah kelainan atau gangguan sinyal elektrik ke jantung secara tiba-tiba. Masalah sistem kelistrikan jantung ini disebut aritmia, yakni ketika irama detak jantung terlalu cepat, terlalu lambat, atau tak beraturan.

Jenis aritmia yang paling sering menyebabkan henti jantung adalah fibrilasi ventrikel, yaitu saat irama detak jantung tak beraturan. Serangan jantung yang terjadi berulang kali hingga memicu luka pada jaringan jantung bisa memicu masalah kelistrikan hingga menyebabkan henti jantung.

Henti jantung membuat tubuh tak bisa berfungsi karena adanya gangguan aliran darah dari jantung yang membawa oksigen. Orang yang terkena henti jantung bisa langsung kolaps dan napasnya terhenti dalam waktu sekejap.

Maura Magnalia Madyaratri, putri Nurul Arifin meninggal dunia akibat henti jantung. Maura ditemukan oleh ART dalam posisi tidur di atas meja makan.

Simak Video 'Nurul Arifin Sudah Lega Melepas Kepergian Anaknya':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/fds)