Kamis, 27 Jan 2022 19:01 WIB

Buah Zakar Besar Sebelah? Waspadai Penyakit Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Male suffering with pain in the urogenital system. Disease for men. The concept of protection of sexually transmitted infections. Foto: iStock
Jakarta -

Kondisi pembesaran pembuluh darah vena atau varises tidak hanya bisa terjadi di bagian tubuh bawah. Area tubuh lain yang juga bisa mengalami pembesaran pembuluh darah adalah skrotum atau buah zakar atau varikokel.

Varikokel mirip dengan penyakit varises di tungkai kaki, yang membedakan hanya lokasinya. Pada pria, varikokel bisa menyebabkan masalah pada sperma.

"Kalau varikokel itu yang membesar adalah saluran spermanya," sebut spesialis bedah toraks, kardiak, dan vaskular dari Bethsaida Hospital dalam agenda Penanganan Varises dan Tiroid Masa Kini, Kamis (27/1/2022).

Pembengkakan pada pembuluh darah vena di kantong buah zakar ini bisa membuat testis besar sebelah atau kedua-duanya membesar. Varikokel pada pria adalah penyebab umum produksi sperma rendah dan penurunan kualitas sperma yang dapat menyebabkan infertilitas.

Dikutip dari laman Ikatan Ahli Urologi Indonesia, varikokel terjadi pada 15 persen populasi laki-laki umum dengan sebagian besar pengidapnya berada pada usia reproduksi.

Sebanyak 25-35 persen pria yang mengalami infertilitas primer (belum pernah memiliki anak setelah berhubungan rutin selama 1 tahun tanpa alat kontrasepsi) dan 50-80 persen pria dengan infertilitas sekunder (sudah pernah memiliki anak namun saat ini kesulitan memiliki anak kembali) mengalami varikokel.

Penyebab Varikokel

Masih belum diketahui dengan pasti bagaimana varikokel dapat terjadi. Perbedaan tekanan antara vena renalis di perut dan vena di skrotum diikuti dengan gangguan pada katup pembuluh darah dianggap sebagai penyebab utama varikokel.

Kelainan pembuluh darah lain seperti sumbatan trombosis, kelainan bentuk pembuluh darah juga dapat menyebabkan varikokel namun jarang. Selain itu, varikokel juga dapat terkait dengan tumor ginjal terutama pada varikokel yang hanya terjadi pada sisi kanan. Tumor ginjal menyebabkan aliran darah tersumbat sehingga darah terkumpul pada area kantung buah zakar.

Ciri-ciri Varikokel

Sebagian besar kasus varikokel tidak menimbulkan keluhan dan tidak memerlukan perawatan. Meski demikian, dapat didapatkan keluhan:

  • Nyeri atau rasa tidak nyaman pada daerah skrotum
  • Keluhan memberat pada posisi berdiri atau saat beraktivitas fisik berat
  • Keluhan membaik jika terlentang
  • Pada varikokel derajat berat, terdapat gambaran seperti kantong cacing pada skrotum yang dapat diraba atau bahkan dilihat
  • Gangguan fertilitas


Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)