Kamis, 27 Jan 2022 22:09 WIB

6 Penyebab Kedutan Mata Kiri Bawah, Stres hingga Alergi

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Asian, Indian young woman rubbing her eye and holding eyeglasses. She is suffering with aching eyes while working long hours on computer at home. Kedutan mata kiri bawah (Foto: iStock)
Jakarta -

Kedutan mata kiri bawah kerap kali dialami oleh banyak orang dan terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya memiliki berbagai arti tertentu, mulai dari sisi medis maupun mitos. Apabila dilihat dari sisi medis, kedutan mata menandakan ada masalah kesehatan.

Nah, selain pada bagian kiri bawah, kedutan mata juga bisa terjadi pada bagian atas mata.

Lantas, apa penyebab kedutan mata kiri bawah? Dikutip dari berbagai sumber, berikut 6 penyebab kedutan mata kiri bawah:

1. Stres

Stres yang berlebih bisa menyebabkan kedutan mata kiri bawah loh. Pasalnya, stres dapat memicu otot-otot dan saraf di sekitar tubuh termasuk mata menjadi tegang secara berlebihan.

2. Mata Lelah

Penyebab kedutan mata kiri bawah yang kedua bisa jadi disebabkan oleh kelelahan pada mata. Kondisi ini dapat terjadi apabila seseorang terlalu lama melihat layar komputer atau membawa mobil dalam jangka panjang.

3. Mata Kering

Selain lelah, mata kering juga bisa menyebabkan kedutan mata kiri bawah. Biasanya hal ini dapat terjadi ketika seseorang terlalu lama bermain ponsel atau komputer, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, serta memakai kontak lensa yang terlalu sering.

4. Sakit Demam

Apa kalian tahu kalau sakit demam dapat membuat kedutan mata kiri bawah? Pasalnya, demam sendiri menandakan fungsi imunitas kita sedang lemah. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi vitamin, berolahraga, dan melakukan kegiatan lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh ya.

5. Sering Mengkonsumsi Kafein

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat memicu berbagai reaksi, salah satunya kedutan yang terjadi pada mata. Hal ini disebabkan karena kafein mengirim sinyal ke sistem saraf pusat yang berada di dalam otak secara berlebihan untuk memberikan perintah ke seluruh fungsi tubuh. Jika sudah seperti ini, otot-otot pun akan berkontraksi dan bergerak di luar kendali.

6. Alergi

Kedutan mata kiri bawah bisa juga disebabkan oleh alergi. Sebab, alergi bisa memicu histamin yang keluar masuk ke dalam jaringan di sekitar mata. Hal inilah yang membuat kelopak mata yang digosok atau dikucek menjadi berkedut.

Nah, untuk mengatasi kedutan mata kiri bawah, cobalah dengan cara mengompres mata, memijat mata, dan usahakan tidur yang cukup ya. Namun, apabila kedutan mata terjadi secara terus-menerus, sebaiknya segera ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.



Simak Video "Penjelasan Kemenkes soal Kriteria Suspek-Konfirmasi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)