Sabtu, 29 Jan 2022 16:02 WIB

Wajib Tahu! Ini Gejala Omicron yang Bisa Muncul di Mata dan Telinga

Firdaus Anwar - detikHealth
Kasus Omicron di Indonesia pertama kali terdeteksi Rabu (15/12). Varian Omicron pun pertama kali dijumpai di Wisma Atlet. Bagaimana deretan fakta terbarunya? Waspada gejala Omicron yang bisa muncul pada mata dan telinga. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/golibtolibov)
Jakarta -

Gejala COVID-19 Omicron yang ringan cenderung muncul dalam bentuk batuk dan sakit tenggorokan. Namun, menurut ahli kadang bisa juga muncul gejala Omicron pada mata dan telinga.

Dikutip dari Times Now News, tim pakar di Universitas Stanford menemukan sebagian pasien COVID-19 varian Omicron bisa mengeluhkan sakit telinga dan sensasi kesemutan. Sakit yang dirasakan biasanya seperti telinga berdenging.

Bahkan yang mengejutkan, gejala tersebut juga bisa muncul pada pasien yang sudah divaksinasi dosis lengkap.

Sementara gejala infeksi Omicron pada mata disebut muncul dalam bentuk konjungtivitis alias peradangan. Menurut American Academy of Ophthalmology, konjungtivitis bisa disertai dengan gejala seperti mata kemerahan, gatal, mata berair, dan pandangan buram atau terganggu.

Ini terjadi karena COVID-19 secara umum merupakan virus yang bisa menyerang banyak sistem tubuh. Virus yang mempengaruhi sistem pernapasan terutama diketahui bisa menimbulkan masalah pada telinga, hidung, dan tenggorokan.

"Dengan virus apa pun, respons tubuh adalah peradangan yang dapat menyebabkan mata merah dan gatal," katanya.

Saksikan juga: Penjaga 'Terakhir' Warisan Gambang Kromong dari Tangerang

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)