Selasa, 01 Feb 2022 10:35 WIB

Kerap Dikira Flu, Ternyata COVID-19! Begini Gejala Omicron di Hidung Menurut Dokter

Vidya Pinandhita - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Gejala infeksi varian Omicron di hidung menurut dokter paru. Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG
Jakarta -

Dokter paru membenarkan, gejala infeksi varian Omicron memang sangat mirip dengan flu biasa. Walhasil seiring lonjakan kasus COVID-19 RI kini, masyarakat diminta untuk tidak menyepelekan gejala seringan flu. Di antaranya, berupa hidung mampet dan meler.

Spesialis paru RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K) menjelaskan gejala paling khas pada pasien Omicron yang tidak umum dialami pengidap flu adalah masalah tenggorokan. Misalnya gatal, nyeri, dan rasa sakit saat menelan makanan.

Selebihnya, gejalanya kedua penyakit tersebut memang sangat mirip. Sebab seperti pasien flu, orang yang terjangkit COVID-19 varian Omicron kerap mengalami masalah pada hidung disertai sakit kepala dan tubuh lemas.

Sama-sama bikin meler dan mampet

"Ada yang merasa hidung tersumbat, ada yang merasa pilek katanya beda mengekspresikannya dengan hidung tersumbat, ada lagi yang mengatakan meler. Memang mirip dengan influenza. Ada juga tambahannya nyeri kepala, badannya lemas," ujarnya dalam diskusi daring, Sabtu (29/1/2022).

Dengan kondisi tersebut, dr Erlina menegaskan, kini masyarakat tak boleh menganggap sepele sederet gejala flu. Sebab bagaimana pun meski gejalanya relatif lebih ringan, varian Omicron adalah virus Corona yang bisa menimbulkan perburukan gejala khususnya pada kelompok rentan seperti lansia dan pengidap komorbid.

"Ini mirip banget dengan flu. Oleh sebab itu untuk kondisi Omicron yang sudah mulai marak ini jangan terlalu menganggap enteng flu. Terutama kepada orang lansia atau usia tua, atau orang dengan komorbid yang komorbidnya tidak terkendali," pungkasnya.



Simak Video "Omicron Identik dengan Batuk Kering dan Kelelahan"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)