Banyak yang Belum Divaksin, 25 Anak Positif COVID Dirawat di RS Persahabatan

ADVERTISEMENT

Banyak yang Belum Divaksin, 25 Anak Positif COVID Dirawat di RS Persahabatan

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 02 Feb 2022 11:37 WIB
Ilustrasi anak sakit
Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan untuk kasus COVID-19, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan membeberkan data telah merawat 25 anak usia 0-16 tahun yang positif COVID-19 di periode awal 2022. Sebagian besar anak yang terinfeksi tersebut belum mendapat vaksinasi.

Direktur Utama RSUP Persahabatan, Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, mengatakan sejauh ini derajat keparahan gejala COVID-19 yang ditunjukkan oleh pasien anak ringan hingga sedang. Belum ada pasien anak yang mengalami kasus parah sampai kritis.

"Anak yang belum divaksin derajatnya lebih banyak sedang. Sejauh ini di Persahabatan belum ada anak yang kritis baik karena omicron maupun non-omicron," ungkap dr Agus dalam konferensi pers daring, Rabu (2/2/2022).

"Non-omicron ada 19 pasien anak yang dirawat belum vaksin, hanya dua pasien yang sudah vaksin," lanjutnya

Lebih jauh empat anak sisanya dijelaskan dr Agus positif terinfeksi varian Omicron. Pasien anak dengan Omicron juga mengalami derajat keparahan gejala relatif ringan bagi yang sudah vaksinasi dan sedang untuk yang belum vaksinasi.

Spesialis paru-paru RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K), MSc, mengatakan cakupan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 0-16 tahun memang belum luas. Hal ini seharusnya menjadi pertimbangan dalam kebijakan pelaksaan pembelajaran tatap muka (PTM).

Simak video 'Kemenkes Klaim Stok Vaksin Booster Masih Cukup':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT