ADVERTISEMENT

Sabtu, 05 Feb 2022 09:35 WIB

Heboh Gegara Oki Setiana Dewi, Waspadai Tanda Awal Pasangan Suka KDRT

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Gaya Hijab Oki Setiana Dewi. Oki Setiana Dewi minta maaf usai ceramahnya dianggap menormalkan KDRT. (Foto: Dok. Instagram @okisetianadewi.)
Jakarta -

Ustazah Oki Setiana Dewi menyampaikan permohonan maaf usai dirinya dianggap melanggengkan praktik kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Ia menegaskan ceramah yang dimaksud tidak menandakan ia mendukung penuh sikap KDRT, justru sebaliknya.

"Terimakasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga. Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya," sebut Oki dalam Instagram pribadinya, dikutip Jumat (4/2/2022).

Di luar kasus tersebut, psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center menerangkan sikap KDRT tidak bisa diatasi seorang diri. Perempuan bahkan butuh pendampingan saat melaporkan sikap KDRT.

Menurutnya, ciri-ciri seorang KDRT bisa dilihat dari sebelum menikah. Terlebih, kategori KDRT ini tidak selalu soal kekerasan fisik.

"KDRT itu banyak bentuknya, tidak hanya secara fisik. Biasanya muncul dalam bentuk perilaku, di antaranya mengintimidasi, dominasi yang berlebihan, mengancam, memaksa, posesif, melarang tanpa alasan yang jelas," beber Rahma menyebut beberapa tandanya.

Rahma mewanti-wanti sikap KDRT cenderung tak bisa diubah dengan hanya mendiamkan pelaku. Risiko kejadian berulang sangat besar sehingga perlu melihat ciri-ciri atau kebiasaan yang mengarah ke sikap KDRT.

"Memeras keuangan secara halus, menghina, merendahkan dan berbagai bentuk lain seperti yang saya sebutkan sebelumnya, perlu diwaspadai sejak awal," pungkas dia.



Simak Video "Top 5: Polemik Ceramah Oki Setiana Dewi, Gelombang Ketiga Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT