ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Feb 2022 20:45 WIB

Ciri-ciri Hamil yang Wajib Diketahui, Sakit Kepala Termasuk Sis!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Positive pregnancy test Ciri-ciri hamil (Foto: Getty Images/iStockphoto/MJ Breiva Photography)
Jakarta -

Ciri-ciri hamil umumnya dapat terlihat ketika sejumlah gejala muncul sebelum melakukan tes kehamilan atau setelah terjadinya implantasi.

Sebagaimana diketahui, implantasi atau pelekatan embrio dapat terjadi ketika sperma sudah membuahi sel telur yang kemudian bergerak ke dalam rahim. Nah, rata-rata kehamilan umumnya akan berlangsung selama 40 minggu.

Ciri-ciri hamil

Lalu, seperti apa ciri-ciri hamil yang perlu diketahui? Dikutip dari Healthline, Selasa (8/2/2022), berikut adalah informasinya.

1. Telat menstruasi

Telat menstruasi merupakan ciri-ciri hamil yang terbilang sangat umum dialami oleh kebanyakan wanita. Meskipun begitu, telat menstruasi juga tak selalu menandakan kehamilan. Bisa jadi karena faktor lain yang mempengaruhi telatnya menstruasi, seperti hormon.

2. Sakit kepala

Sakit kepala umumnya terjadi pada awal kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon dan peningkatan volume darah di dalam tubuh.

3. Bercak darah

Ciri-ciri hamil berikutnya adalah munculnya bercak darah. Hal ini disebabkan dari hasil implantasi dan akan berlangsung selama satu hingga dua minggu setelah pembuahan.

4. Muntah

Muntah adalah komponen dari "Morning sickness", yakni gejala umum yang biasanya muncul dalam empat bulan pertama kehamilan. Peningkatan hormon saat kehamilan adalah penyebab utamanya.

5. Perubahan payudara

Selain muntah, ciri-ciri hamil juga ditandai dengan perubahan payudara. Bahkan, sebelum melakukan tes kehamilan, payudara mungkin akan terasa bengkak, berat, atau terasa penuh, dan warna areola (puting) lebih gelap.

Nah itulah 5 ciri-ciri hamil yang secara umum dialami oleh kebanyakan wanita. Apabila mengalami sejumlah ciri-ciri di atas, dianjurkan segera melakukan tes hamil untuk mengetahui kondisi bayi di dalam kandungan.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT