ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Feb 2022 08:01 WIB

Gejala Pertama Terpapar Omicron yang Kerap Diabaikan, Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Gejala pertama dari varian Omicron yang kerap diabaikan adalah sakit tenggorokan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG)
Jakarta -

Varian Omicron diketahui memiliki gejala-gejala yang tergolong ringan. Hal ini membuat gejala dari varian ini kerap diabaikan dan dianggap sebagai sakit pilek atau flu biasa.

Seorang Direktur Departemen Kesehatan dan Darurat Global di Rumah Sakit Universitas Staten Island, Amerika Serikat, Dr Cio-Pena, mengungkap ciri atau gejala pertama yang muncul saat terpapar varian Omicron yang kerap diabaikan. Salah satunya adalah sakit tenggorokan.

"Tanda-tanda (gejala) pertama seperti penyumbatan dan gejala infeksi saluran pernapasan atas (sakit tenggorokan)," kata Dr Cio-Pena yang dikutip dari Express UK, Jumat (11/2/2022).

"Gejala-gejala ini tidak berbeda dengan flu biasa dan membuat kasus Omicron sulit dilacak. Karena orang-orang yang mengalami gejala tersebut dan menganggap yang mereka rasakan adalah pilek, sehingga tidak melakukan tes COVID-19," lanjutnya.

Dr Cio-Pena mengatakan seseorang yang terinfeksi varian Omicron biasanya mengalami gejala lebih cepat dibandingkan saat terkena varian Alpha atau Delta. Gejala akan muncul dalam satu atau dua hari usai terinfeksi varian Omicron.

Meski tergolong lebih menular dibandingkan varian Corona lainnya, Omicron masih tetap bisa dihindari. Caranya dengan mendapatkan perlindungan dari vaksin COVID-19 yang lengkap ditambah dengan suntikan booster.

Selain infeksi pernapasan atau sakit tenggorokan, ada beberapa gejala lain COVID-19 Omicron yang juga perlu diwaspadai. Ciri atau gejala tersebut meliputi:

  • Pilek
  • Sakit kepala
  • Bersin
  • Batuk terus-menerus
  • Demam
  • Hilangnya rasa dan bau

Saksikan juga: Awas! Jebakan Judi Berkedok Trading

[Gambas:Video 20detik]



(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT