Selasa, 15 Feb 2022 05:20 WIB

Catat! 5 Cara Atasi Hidung Tersumbat, Gejala Omicron yang Kerap Terabaikan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Anak usia di bawah 12 tahun yang ingin berlibur Nataru, kini diwajibkan melakukan tes PCR. Hal itu tertuang dalam surat edaran terbaru terkait libur Nataru di masa pandemi COVID-19 yang akan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 atau berjalan selama 19 hari, Senin, (20/12/2021). Gejala Omicron (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kasus COVID-19 varian Omicron tampaknya semakin 'ngegas' tiap harinya. Berdasarkan data Senin (14/2/2022), tercatat sebanyak 36.501 kasus baru di Indonesia.

Sejumlah pakar pun mengklaim bahwa varian Omicron ini 5 kali lebih menular daripada varian lainnya, seperti Delta. Meskipun demikian, gejala yang ditimbulkan lebih ringan dan bahkan disebut mirip seperti flu biasa.

Hal tersebut pun juga dibenarkan oleh dr Erlina Burhan, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), pada konferensi pers virtual bertajuk 'Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron', Senin (24/1/2022).

Menurutnya, gejala Omicron yang ditimbulkan dapat berupa batuk, pilek, hingga hidung tersumbat.

"Gejalanya mirip memang (dengan flu biasa) batuk, pilek, hidung tersumbat kemudian cairan di hidung atau meler, dan juga rasa lesu, lemah, demikian kadang demam, ini mirip flu biasa," kata dr Erlina Burhan.

Berbicara tentang hidung tersumbat, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Dan tentunya, juga bisa membantu pasien untuk meredakan gejala Omicron.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Nah, bagaimana sih caranya? Dikutip dari Healthline, Senin (14/2), berikut informasinya guys.

1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat mampu mengatasi hidung yang tersumbat. Pasalnya, uap yang dihasilkan dari air hangat tersebut dapat mengencerkan lendir yang tersumbat di dalam hidung. Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam beberapa kali untuk meredakan hidung tersumbat.

2. Makan Sup Ayam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sup ayam kemungkinan memiliki manfaat sebagai obat dan antiinflamasi untuk membantu meredakan hidung tersumbat.

Dikutip dari Medical News Today, kaldu panas dari sup ayam membantu melonggarkan lendir yang tersumbat di dalam hidung.

3. Tetap Terhidrasi

Saat mengalami hidung tersumbat akibat Omicron, cobalah minum air putih atau minuman sehat lainnya untuk tetap terhidrasi. Pasalnya, minum yang cukup dapat membantu mengencerkan lendir yang menempel di hidung.

Simak video 'Gelombang Omicron di 6 Provinsi Ini Melebihi Puncak Delta':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2