4 Tips Redakan Demam untuk Ringankan Gejala Omicron

ADVERTISEMENT

4 Tips Redakan Demam untuk Ringankan Gejala Omicron

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 16 Feb 2022 18:30 WIB
Pasien COVID-19 tanpa gejala berada diruang isolasi mandiri di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/9/2020). Menurut petugas dilokasi saat ini sudah diisi oleh 9 warga berstatus OTG (orang tanpa gejala). Pemerintah kota Bekasi menyiapkan 57 tempat tidur untuk pasien COVID-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga.
Tips meredakan demam untuk ringankan gejala Omicron (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Sejumlah pakar mengklaim bahwa COVID-19 varian Omicron ini memicu gejala ringan daripada varian lainnya, seperti Delta. Bahkan, disebut mirip dengan penyakit flu biasa.

Hal tersebut diketahui dari pernyataan dr Erlina Burhan, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), pada konferensi pers virtual bertajuk 'Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron', Senin (24/1/2022).

Menurutnya, gejala Omicron yang ditimbulkan dapat berupa batuk, pilek, hidung tersumbat, dan kadang bisa memicu demam di beberapa pasien.

"Gejalanya mirip memang (dengan flu biasa) batuk, pilek, hidung tersumbat kemudian cairan di hidung atau meler, dan juga rasa lesu, lemah, demikian kadang demam, ini mirip flu biasa," kata dr Erlina Burhan.

Berbicara tentang demam, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya selain menggunakan obat medis. Hal ini berguna untuk membantu meringankan gejala Omicron yang dialami oleh pasien COVID-19, termasuk Omicron.

Tips Meredakan Demam

Dikutip dari Harvard Health Publishing, Rabu (16/2/2022) berikut cara yang bisa membantu pasien merasa lebih baik:

1. Tetap Hidrasi

Ketika demam akibat gejala Omicron, diusahakan untuk mengkonsumsi banyak cairan demi mencegah terjadinya dehidrasi dan membantu menurunkan suhu tubuh.

2. Konsumsi Makanan Ringan dan Mudah Dicerna

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan penuh serat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin sehat asupan gizi yang didapatkan, semakin cepat meredakan demam.

3. Istirahat

Ketika sedang demam, disarankan untuk beristirahat yang cukup dan jangan melakukan banyak aktivitas. Pasalnya, suhu tubuh akan semakin tinggi apabila seseorang melakukan banyak aktivitas dan kelelahan.

4. Jangan Kenakan Pakaian Tebal

Biasanya saat demam tinggi, seseorang akan mengambil langkah untuk mengenakan pakaian tebal dan selimut. Alasannya agar cepat berkeringat dan suhu tubuhnya akan menurun. Padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan lantaran bahan yang tebal justru akan mencegah keluarnya panas dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengenakan pakaian dan selimut yang ringan agar suhu dapat cepat turun. Bisa juga mandi air hangat atau kompress menggunakan handuk untuk redakan demam.



Simak Video "WHO Minta Dunia Waspada Penyebaran Omicron yang Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT