ADVERTISEMENT

Senin, 21 Feb 2022 18:05 WIB

Konsultasi Kesehatan

Sering Mencium Bau Busuk dan Mual, Sakit Apa Ya Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
negative feelings concept - portrait of amazed beautiful 20s girl covering her mouth for gag metaphor,studio shot on gray background Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Selamat sore dok, saya mau bertanya. Saya sering merasakan sakit kepala, kalau lagi kecapean hidung saya sering mengeluarkan bau busuk, pinggang kiri sering sakit. Kadang kalau lagi rebahan susah untuk bangkit saking sakitnya di bagian pinggang kiri dan setiap selesai makan rasanya pengen muntah terus.

Kira-kira itu saya sakit apa ya, Dok?

Risda Siregar (Wanita, 22 tahun)

Jawaban:

Selamat pagi Ibu Risda, semoga selalu diberikan kesehatan.

Bila diperhatikan dari cerita Ibu kemungkinan besar mengalami gastro-esofageal reflux disease (GERD) yang ditandai dengan seringnya sakit perut, mual, dan muntah yang berulang, serta bau busuk yang tercium pada saat stres (dalam konteks keluhan ibu ini adalah kecapean ). Hal ini terjadi akibat dari asam lambung yang selalu naik saat kondisi stres, sehingga tampak seperti mual-muntah. Bau tersebut tercium dari makanan yang sudah dicerna balik lagi ke tenggorokan.

Penanganan awal bila terjadi ini bisa dilakukan tindakan relaksasi diri, posisi duduk sehingga asam lambung tidak naik. Asam lambung dapat diencerkan dengan meminum air putih sehingga dampak asam lambung berkurang di tenggorokan.

Obat-obatan lambung dapat bermanfaat saat terjadi serangan mual-muntah. Namun hal yang utama untuk tatalaksana penyakit ini adalah perubahan pola hidup. Hindari stres, jam makan yang teratur, kualitas makan yang baik, jumlah makanan yang cukup, dan olahraga yang cukup

Jika ingin mengetahui penyebab dari sakit perut berulang ini, dapat dilakukan tindakan diagnostik dengan endoskopi oleh konsulan gastrointestinal.

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Ibu, terima kasih.

dr Mauludi Rachmantya Tranggana, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bhakti Wara

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT