Wanita 76 Tahun Patah Tulang Usai Jatuh, Bisakah Disembuhkan Dok?

ADVERTISEMENT

Konsultasi Kesehatan

Wanita 76 Tahun Patah Tulang Usai Jatuh, Bisakah Disembuhkan Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 22 Feb 2022 22:00 WIB
Parkinson and Alzheimer female senior elderly patient with caregiver in hospice care. Doctor hand with stethoscope check up older woman people. Old aging person seeing medical physician in hospital.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Pornpak Khunatorn
Jakarta -

Pertanyaan:

Selamat pagi Dok, saya mohon informasi yang lengkap tentang pengobatan patah tulang. Ibu saya usia 76 tahun, tiga bulan yang lalu terjatuh dan tulang sendi di atas paha patah. Bisakah tulang tersebut dipulihkan dan ibu bisa berjalan kembali? Kira-kira biayanya sampai berapa?

Wimbuh Nugroho

Jawaban:

Halo Pak Wimbuh Nugroho,

Untuk kondisi seperti ibu yaitu patah tulang daerah panggul di usia 76 tahun bisa disebabkan berbagai penyebab, salah satunya adalah problem osteoporosis (pengeroposan tulang) atau penyakit komorbid (penyerta) lain.

Sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan yang lengkap meliputi pemeriksaan fisik pasien, laboratorium, dan radiologi sehingga kita akan mengetahui jenis patah yang terjadi, penyebabnya, serta kondisi penyulit yang terjadi pada pasien. Setelah menentukan asesmen kondisi pasien tersebut barulah kita dapat menentukan terapi yang cocok untuk ibu dan rencana rehabilitasi atau penyembuhan selanjutnya.

dr Paramita Dyah, SpOT
Spesialis Ortopedi RS Brawijaya Depok

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "7 Kombinasi Vaksin Covid-19 untuk Booster Kedua Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT