ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Feb 2022 12:45 WIB

Ketemu Pasien Omicron Tapi Tak Bergejala, Hari ke Berapa Harus Tes COVID-19?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Total jumlah pasien yang terkonfirmasi positif akibat virus corona pada hari ini menjadi 4.667.554 orang. DKI Jakarta jadi penyumbang kasus terbanyak. Ilustrasi penjelasan Wamenkes perihal waktu tes COVID-19 pasca tatap muka dengan pasien Omicron. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mengingat varian Omicron menular dengan mudah, orang yang sempat melakukan tatap muka dengan pasien COVID-19 kini dianjurkan untuk ikut melakukan karantina selama lima hari. Jika tes dilakukan setelah tatap muka menunjukkan hasil negatif dan sebelumnya tidak bergejala, apakah jaminan sudah aman?

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menjelaskan, ada kemungkinan tes COVID-19 menunjukkan hasil negatif meski seseorang ikut terpapar virus Corona setelah sempat tatap muka dengan pasien. Hal itu disebabkan pada beberapa hari pertama sejak terapapar, infeksi virus pada tubuh belum terbaca oleh tes COVID-19.

Maka dari itu, ia menganjurkan orang-orang yang sempat kontak erat dengan pasien COVID-19 untuk melakukan tes dalam waktu tiga sampai lima hari setelah tatap muka dengan pasien.

"Masa inkubasi itu adalah masa dari mulai tertular sampai timbul gejala. Itu biasanya berlangsung tiga sampai lima hari. Kalau berkontak dengan penderita COVID-19, maka pemeriksaan yang dianjurkan adalah ketika sudah masuk masa inkubasi tersebut yaitu tiga sampai lima hari sesudah kontak terakhir dengan penderita," ujarnya dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Rabu (23/2/2022).

"Kalau belum masuk fase itu diperiksa, mungkin hasilnya bisa negatif. Karena negatif, itu kita sebut 'false negatif'. Tapi kalau masuk fase itu negatif, berarti dia negatif," pungkasnya.



Simak Video "Terbaru! Ada Rapid Test Pendeteksi Covid-19 dan Flu Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Update Korban Tragedi Kanjuruhan
Update Korban Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya