ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Feb 2022 14:31 WIB

Swab Hidung Vs Tenggorokan, Mana Lebih Akurat Deteksi COVID-19?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) hadirkan laboratorium mini-layanan tes swab antigen bagi para pegawai. Hal itu dilakukan guna cegah COVID-19. Ilustrasi swab tes COVID-19. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sejumlah tempat tes COVID-19 hanya melakukan swab di nasofaring melalui lubang hidung. Namun beberapa tempat lainnya juga melakukan swab di orofaring, melalui mulut. Mengapa beda tempat tes bisa beda prosedur pelaksanaan?

Ahli patologi klinik Universitas Sebelas Maret dr Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, PhD, FISQua menjelaskan setiap tempat tes COVID-19 bisa memiliki prosedur tes berbeda. Namun di Indonesia, standar pelaksanaan swab diatur dalam pedoman dari Kementerian Kesehatan.

"Memang kembali kepada yang melaksanakan. Bisa saja ada variasi. Yang jelas, memang swab yang benar itu justru memang tidak nyaman. Secara refleks hampir semua meneteskan air mata. Bukan menangis, tapi refleks saja," terangnya pada detikcom, Rabu (23/2/2022).

"Sama dengan pengambilan sampel darah di lengan misalnya, standarnya ada, prinsip dasarnya tentu safety dan quality, dilakukan secara tegas, tidak ragu-ragu, tapi tidak boleh kasar," imbuh dr Tonang lebih lanjut.

Swab di nasofaring vs orofaring, lebih akurat yang mana?

Lebih lanjut dr Tonang menjelaskan, akurasi hasil tes COVID-19 memang lebih tinggi jika swab dilakukan di nasofaring lewat lubang hidung dan orofaring lewat mulut. Namun lantaran pelaksanaan dua kali swab memerlukan waktu lebih banyak, sejumlah tempat tes COVID-19 memang hanya melakukan swab di nasofaring.

"Untuk mudahnya, memang akurasi terbaik itu gabungan hasil swab nasofaring plus orofaring dijadikan satu tabung sampel. Tapi berarti pengambilan perlu waktu lebih lama. Dua kali swab sekali waktu. Urutan berikutnya pada nasofaring saja, tanpa orofaring. Setelah itu baru yang di mid-turbinate hidung dan saliva," jelasnya.

"Tapi syaratnya semua benar dan akurat dalam pengambilan sampelnya," pungkas dr Tonang.



Simak Video "Terbaru! Ada Rapid Test Pendeteksi Covid-19 dan Flu Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT