Cara Mudah Redakan Radang Tenggorokan, Gejala Paling Umum Infeksi Omicron

ADVERTISEMENT

Cara Mudah Redakan Radang Tenggorokan, Gejala Paling Umum Infeksi Omicron

Patrick - detikHealth
Rabu, 02 Mar 2022 05:02 WIB
Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan
Radang tenggorokan (Foto: Getty Images/Eva-Katalin)
Jakarta -

Radang tenggorokan merupakan salah satu gejala yang dialami pasien COVID-19 Omicron. Penyakit ini juga merupakan masalah kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja. Namun tidak perlu khawatir. Pasalnya, radang tenggorokan bisa disembuhkan hanya dengan cara yang sederhana.

Penyakit radang tenggorokan atau sering disebut dengan esofagitis merupakan peradangan pada daerah kerongkongan. Kondisi ini merupakan masalah kesehatan yang biasa ditemui dan bisa dialami oleh siapa saja. Tidak ada obat untuk mengatasi radang tenggorokan. Sistem imunitas tubuh yang baik menjadi kunci dalam proses penyembuhan.

Cara Mudah Atasi Radang Tenggorokan

Dikutip dari Healthline, Anda dapat mengobati gejala radang tenggorokan di rumah dengan cara yang sederhana. Salah satunya adalah perbanyak istirahat untuk memberi sistem kekebalan Anda kesempatan untuk melawan infeksi.

Untuk meredakan radang tenggorokan:

  • Berkumurlah dengan campuran air hangat dan 1/2 hingga 1 sendok teh garam.
  • Minumlah cairan hangat yang terasa melegakan tenggorokan, seperti teh panas dengan madu, kaldu sup, atau air hangat dengan lemon. Teh herbal juga mampu menenangkan rasa sakit pada tenggorokan.
  • Dinginkan tenggorokan Anda dengan makan makanan dingin seperti es loli atau es krim.
  • Menghisap sepotong permen.
  • Istirahatkan suara Anda sampai tenggorokan Anda terasa lebih baik.

Infeksi virus dan bakteri, serta iritasi dan cedera, dapat menyebabkan sebagian besar sakit pada bagian tenggorokan. Kebanyakan, radang tenggorokan dapat sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan.

Istirahat yang cukup, minum air hangat, berkumur menggunakan air asin, dan minum pereda nyeri yang dijual bebas dapat membantu meredakan rasa nyeri pada tenggorokan di rumah.

Periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala yang lebih parah, seperti kesulitan bernapas atau menelan, demam tinggi, hingga leher terasa kaku. Radang tenggorokan dan infeksi bakteri lainnya mungkin perlu diobati dengan antibiotik.

Simak juga 'Menkes Sebut Kasus Kematian Akibat Omicron RI Lebih Rendah dari Delta':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT