Rabu, 02 Mar 2022 13:35 WIB

Viral Gagal Ginjal Gegara Jarang Minum, Wanita di Jateng Harus Rutin Cuci Darah

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral pasien gagal ginjal Viral pasien gagal ginjal. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral)
Jakarta -

Viral pesan menohok wanita asal Jawa Tengah di TikTok, mengingatkan netizen yang masih jarang minum air putih. Adalah Lisa Nadila, pasien gagal ginjal yang kini rutin menjalani cuci darah setiap minggu, lantaran kondisi chronic kidney disease sudah berlanjut ke stadium 5.

"Masih nggak suka minum air putih? Cuci darah menantimu," pesan dia dalam akun TikTok pribadinya, yang sudah ditonton lebih dari 100 ribu orang, dikutip Rabu (2/2/2022).

Kepada detikcom, wanita 22 tahun yang akrab disapa Lisa ini bercerita awal mula dirinya divonis gagal ginjal. Sebelumnya, di tahun 2019 ia mengalami kecelakaan hingga harus mengonsumsi sejumlah obat-obatan, termasuk pereda nyeri.

Namun kondisinya tak kunjung membaik, bahkan setelah dua pekan berlalu. Karenanya, ia memutuskan pergi ke rumah sakit dan dokter mengarahkan sejumlah tes yang perlu diikuti.

"Di rumah sakit aku ngikutin saran dokter apapun itu, dari cek lab, rontgen, EKG, dan lain-lain. Ternyata ureum sama kreatininku sudah tinggi, jadi diharuskan cuci darah," tuturnya kepada detikcom Rabu (2/2/2022).

Sang dokter kala itu menyayangkan kebiasan Lisa yang ternyata jarang meminum air putih. Ia lebih banyak mengonsumsi minuman manis, minuman perasa dan memilih menghindari air putih jika tidak dingin.

Selain kebiasaan jarang minum air putih, kondisi Lisa juga diperburuk dengan riwayat hipertensi. Meski kerap mendapat komentar tak enak dari beberapa netizen soal peluang hidupnya, ia masih terus bersemangat melawan penyakit.

"31 Desember 2021, menjadi tahun kedua menjalani kehidupanku yang baru, kehidupan yang berbeda dari orang lainnya. Keluarga selalu jadi alasanku untuk terus menjalankan hidup," kata Lisa.

Lisa kini sering memberikan konten edukasi mengenai gagal ginjal dan kerap memperlihatkan rutinitas cuci darah yang ia lakukan setiap minggu, termasuk mengingatkan sejumlah gejala chronic kidney disease.

"Gejalanya bagian tubuh bengkak, pinggang sakit, tensi ga stabil, lemas dan mual, muntah," pungkasnya.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)