Rabu, 02 Mar 2022 16:42 WIB

Pakai Masker Terus, Kok Bisa Siskaeee Kena COVID-19?

Tim detikHealth - detikHealth
Ilustrasi kasus yang menjerat Siskaeee alias FCN (23). Siskaeee positif COVID-19. (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Tersangka kasus pornografi dan UU ITE Siskaeee positif COVID-19. Saat ini ia sedang menjalani masa isolasi di ruang tahanan Polda DIY.

Siskaeee dalam beberapa kesempatan terlihat selalu memakai masker, bahkan sebelum masa tahanan. Rajin pakai masker seperti Siskaeee kok masih bisa terkena COVID-19?

Memakai masker masih menjadi salah satu cara menangkal infeksi COVID-19. Namun penggunaannya tetap harus dibarengi dengan menjaga jarak sosial.

Dikutip dari laman Primaya Hospital, ada kelengahan yang sering terjadi dan membuat risiko terpapar COVID-19 masih tinggi. Masih banyak yang memakai masker dengan cara yang salah, dengan membiarkan adanya celah dan tak pas di wajah.

Sangat penting untuk tetap menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain untuk memutus rantai penularan COVID-19. Memakai masker saja tidak bermakna jika tak dibarengi dengan protokol kesehatan lainnya.

Selain itu, pilihan masker juga sangat bergantung pada potensi pajanan seseorang terhadap COVID-19, khususnya varian Omicron. Ada beberapa jenis masker yang tidak ampuh menangkal penularan Omicron.

Contohnya, masker kain. filtrasi masker kain lebih rendah ketimbang masker medis. Begitupun jika masker kain dibuat dengan tiga lapis, risiko terpapar Omicron masih tetap tinggi.



Simak Video "Di Balik Aksi Ekshibisionisme yang Dilakukan Siskaeee"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)