Sabtu, 05 Mar 2022 13:30 WIB

Obat Penurun Panas Anak Alami, Ringankan Gejala Khas Omicron pada Anak

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Fever, Close-up medical thermometer, Parent / Father measuring temperature of his ill kid, Asian 3 - 4 years old toddler boy gets high fever lying on bed with cold compress on forehead to cool a fever Penurun panas anak alami. (Foto: Getty Images/iStockphoto/yaoinlove)
Jakarta -

Suhu tinggi adalah respons alami tubuh untuk melawan infeksi seperti batuk dan pilek. Banyak hal yang dapat menyebabkan suhu tinggi pada anak-anak, mulai dari penyakit masa kanak-kanak yang umum seperti cacar air dan radang amandel, hingga vaksinasi COVID-19. Bahkan, salah satu gejala Omicron khas pada anak adalah suhu tubuh yang meningkat. Untuk itu, diperlukan obat penurun panas anak yang sesuai.

Demam merupakan penyakit yang sangat umum terjadi pada anak kecil. Suhu badan biasanya kembali normal dalam 3 atau 4 hari. Suhu normal pada bayi dan anak-anak biasanya sekitar 36,4 Celcius, sementara suhu tinggi adalah 38 Celcius atau bahkan lebih.

Bagaimana mengetahui anak yang sedang panas? Dikutip dari National Health Service (NHS), tanda-tanda anak yang sedang demam antara lain:

  • Merasa lebih panas dari biasanya ketika menyentuh punggung atau dada mereka
  • Tubuhnya lebih berkeringat
  • Terlihat atau merasa tidak sehat

Selain itu, gunakan termometer digital yang dapat dibeli di apotek atau supermarket untuk mengukur suhu secara akurat.

Apa yang Bisa Dilakukan Saat Anak Sedang Demam?

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik. Letakkan kompres dingin di kepala mereka dan pertahankan suhu kamar mereka, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Berikan mereka satu lapis pakaian tipis dan juga selimut tipis.

Jangan lupa, pastikan mereka minum banyak cairan. Ada beberapa obat alami penurun panas anak yang bisa menjadi pilihan bagi si kecil.

1. Jahe Hangat

Jahe mengandung sifat antibakteri yang mampu mengobati batuk dan pilek penyebab panas pada anak. Jahe dapat dihidangkan dengan membuat teh jahe atau membuat minuman hangat dengan irisan jahe. Minuman jahe yang hangat dapat membuat tubuh menjadi berkeringat, sehingga mengeluarkan racun di dalam tubuh.

2. Air Kelapa

Kandungan elektrolit dan mineral yang ada di air kelapa menjadikannya obat alami penurun panas anak yang berikutnya. Air kelapa dapat memenuhi cairan yang diperlukan tubuh dikala sedang sakit.

3. Lemon dan Madu

Campuran lemon dan madu sangat efektif sebagai penurun panas pada anak karena dapat memperkuat sistem imunitas tubuhnya. Sajikan dengan menambahkan 2 sendok makan madu ke dalam jus lemon saja untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh. Jangan berikan lemon dan madu pada anak di bawah usia 1 tahun untuk menghindari resiko botulisme.



Simak Video "WHO Minta Dunia Waspada Penyebaran Omicron yang Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)