ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Mar 2022 05:00 WIB

5 Obat Sakit Tenggorokan karena COVID-19, Ampuh Atasi Nyeri Telan

Patrick - detikHealth
Close up asian woman covered with a blanket lying in bed with high fever and a flu Obat sakit tenggorokan karena COVID (Foto: Getty Images/iStockphoto/Pixfly)
Jakarta -

Ternyata, obat sakit tenggorokan karena COVID-19 bisa dapatkan dari bahan-bahan alami. Sakit tenggorokan merupakan pada rasa sakit, gatal, atau iritasi pada tenggorokan. Sakit tenggorokan menjadi salah satu gejala pada varian Omicron. Kondisi ini akan menjadi lebih buruk ketika ingin mencoba menelan, sehingga seseorang akan mengalami kesulitan menelan makanan atau minuman.

Bahkan jika sakit tenggorokan tidak cukup serius untuk dibawa ke dokter, namun itu masih dapat menyakitkan dan dapat membuat seseorang tidak bisa tidur nyenyak. Untungnya, ada berbagai pengobatan rumahan untuk meredakan rasa sakit akibat sakit tenggorokan.

Dikutip dari Healthline, ada lima obat sakit tenggorokan karena COVID-19 yang bisa menjadi pilihan alternatif.

Obat Sakit Tenggorokan Karena COVID-19

1. Madu

Madu yang dicampur dalam teh dapat menjadi obat sakit tenggorokan karena COVID-19 yang manjur. Sebuah studi menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif dalam menjinakkan batuk pada malam hari daripada obat batuk biasa. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Cara ini juga dikenal untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Buat larutan air garam dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Ini harus dilakukan setiap tiga jam atau lebih.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile secara alami memiliki sifat yang menenangkan. Teh chamomile telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti menenangkan sakit tenggorokan. Teh ini sering dimanfaatkan karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat menjadi pilihan obat tenggorokan karena COVID-19.

Beberapa ulasan penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

4. Peppermint

Peppermint dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan nafas. Semprotan minyak peppermint juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan.

Jangan pernah menggunakan minyak esensial tanpa mencampurnya dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa lunak. Untuk minyak peppermint, campurkan lima tetes minyak esensial dengan satu ons minyak pembawa pilihan. Jangan pernah menelan minyak esensial secara langsung.

5. Bawang Putih

Obat sakit tenggorokan karena COVID-19 yang terakhir adalah bawang putih. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami. Ini mengandung allicin, senyawa organosulfur yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. Dengan menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan juga merupakan cara untuk mendapatkan sifat antimikrobanya. Sejak dulu, mengisap satu siung bawang putih selalu menjadi cara untuk meredakan sakit tenggorokan. Karena bawang putih memiliki banyak tindakan penyembuhan, maka layak dijadikan sebagai pilihan alternatif sebagai obat sakit tenggorokan karena COVID-19.

Simak Video 'Begini Tren Covid RI yang Kata Menko Luhut Turun Signifikan':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT