Rabu, 09 Mar 2022 13:53 WIB

Pilih Berdiri di KRL Meski Bangku Tak Disilang, Telanjur Jadi Kebiasaan?

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
KRL cabut aturan jaga jarak di KRL Tak ada lagi jaga jarak di KRL. (Foto: Dzihni Ismah Hanifah/detikHealth)
Jakarta -

Aturan jaga jarak saat naik commuterline (KRL) per Rabu (9/3/2022) dilonggarkan, tak ada lagi pembatas jaga jarak dalam tempat duduk setiap KRL. Dalam pantauan detikcom pukul 11:30 WIB di stasiun Taman Kota, Jakarta Barat, tampak penumpang sudah kembali duduk berdekatan.

Tetapi beberapa penumpang lainnya masih memilih berdiri, alih-alih duduk berdampingan tanpa tanda. Selain sudah terbiasa saling jaga jarak, mahasiswa asal Jakarta, Ahmad, mengaku masih was-was terkait kemungkinan tertular.

"Saya tetap jaga jarak sih walaupun udah dicabut karena saya masih takut, ada tempat duduk kosong saya lebih milih berdiri aja karena sudah terbiasa," beber dia saat ditemui detikcom Rabu (9/3/2022).

Di beberapa gerbong kereta, penumpang juga terlihat tertib dan tidak mengobrol di dalam ruangan. Meskipun pembatas jaga jarak sudah dicabut, kebanyakan orang tetap saling menjaga jarak aman saat duduk dan mematuhi protokol kesehatan memakai masker.

Salah satunya Petrus, karyawan swasta di Jakarta, yang memilih untuk tidak duduk terlalu dekat demi keamanan dirinya.

"Walaupun pembatas sudah dicabut saya tetep kasih jarak seenggaknya satu meter. Saran saya kalau bepergian memakai kendaraan KRL ini harus lebih hati-hati lagi dan tetap menjaga protokol kesehatan," kata dia.

Seperti diketahui, meski pembatas jaga jarak dicabut, penumpang tetap tak diperbolehkan mengobrol dalam kereta demi menghindari risiko penularan COVID-19.



Simak Video "Muncul Penyakit Menular, Ahli Nilai Aspek Kesehatan Belum Ditingkatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)