ADVERTISEMENT

Rabu, 09 Mar 2022 18:45 WIB

Hari Ginjal Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Logo

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
gagal ginjal Hari Ginjal Sedunia 2022 (Foto: Getty Images/iStockphoto/yezry)
Jakarta -

Hari Ginjal Sedunia 2022 (World Kidney Day atau WKD) yang jatuh di setiap hari Kamis pada minggu kedua di bulan Maret, kembali diperingati di Indonesia dan di seluruh dunia pada tanggal 10 Maret 2022.

Di Indonesia sendiri prevalensi penyakit ginjal kronis meningkat setiap tahunnya dan bahkan meraih peringkat ke-10 sebagai penyebab kematian.

"Menurut IHME Global Burden of Disease tahun 2019, untuk di dunia penyakit chronic kidney ini menyebabkan kematian nomor 11, namun di Indonesia dari data tersebut penyakit chronic kidney di nomor 10, yaitu sebanyak 42.131 kematian," tutur dr Elvieda Sariwati MEpid, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI, dalam webinar virtual Hari Ginjal Sedunia, Rabu (9/3/2022)

Itu mengapa momen ini menjadi penting bagi seluruh masyarakat agar lebih menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit ginjal kronis. Lantas, apa saja sih fakta-fakta Hari Ginjal Sedunia 2022? Berikut tema, sejarah, dan faktanya.

Hari Ginjal Sedunia 2022: Tema

Hari Ginjal Sedunia 2022 mengangkat tema "Kidney Health for All: Bridge the Knowledge gap to Better Kidney Care" yang secara spesifik mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bekerja sama dalam menjembatani kesenjangan pengetahuan untuk kesehatan ginjal yang lebih baik.

Pada tahun ini, kampanye lebih menekankan pada upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan tentang kesehatan ginjal melalui peningkatan literasi kesehatan ginjal.

"Peringatan Hari Ginjal Sedunia merupakan gerakan global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya kesehatan ginjal dan organ ginjal ini berperan terhadap kesehatan secara keseluruhan pada seorang individu," tutur dr Aida Lydia, PhD, SpPD, K-GH, Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI).

Hari Ginjal Sedunia 2022: Sejarah

Hari Ginjal Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2006. Tujuan diadakan Hari Ginjal Sedunia ini untuk meningkatkan kesadaran di antara orang-orang tentang masalah dan pengobatan yang berhubungan dengan ginjal dan dampak ginjal terhadap kesehatan.

Perayaan Hari Ginjal Sedunia diusulkan oleh Committee of International Society of Nephrology dan International Federation of Kidney Foundations. Setiap tahunnya, organisasi kesehatan tersebut merayakan Hari Ginjal Sedunia untuk membantu orang mencegah penyakit ginjal.

Hari Ginjal Sedunia 2022: Logo

Dikutip dari World Kidney Day, logo Hari Ginjal Sedunia terdiri dari dua ginjal dan tiga batang warna cerah. Warna-warna ini mewakili darah (merah), kelebihan air (biru), serta urin (kuning) yang disaring, dibersihkan dan dihilangkan oleh ginjal.

Adanya penanggulangan dan Hari Ginjal Sedunia ini diharapkan tidak ada lagi kesenjangan pelayanan kesehatan di masyarakat terkait masalah ginjal, mengurangi ketidaktahuan masyarakat, dan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya tahu penyakit ginjal.

Selamat Hari Ginjal Sedunia 2022



Simak Video "Awal Mula Fransiska Mantap Donorkan Ginjal untuk Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT