Kamis, 16 Des 2021 20:34 WIB

11 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Lapar hingga Penyakit Ginjal

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong
Jakarta -

Sakit perut sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari pola makan yang kurang buruk, waktu makan yang tidak teratur, penyakit, dan sebagainya. Mengalami sakit perut biasanya sangat mengganggu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sakit perut di sebelah kiri berkenaan dengan masalah yang menyerang saluran pencernaan, salah satunya usus. Meskipun umum terjadi, kita tidak bisa menghiraukannya begitu saja. Karena bisa saja sakit perut sebelah kiri ini menjadi pertanda adanya penyakit serius di dalam tubuh.

Lalu, apa saja indikasi penyakit serius yang muncul dari rasa sakit perut sebelah kiri? Berikut 11 penyebabnya.

Penyebab sakit perut sebelah kiri

1. Luka lambung

Sakit perut di sebelah kiri bisa disebabkan oleh luka lambung. Penyebab luka lambung dapat terjadi akibat memakan makanan yang kurang serat, baik itu makanan pedas, asam, dan lainnya. Biasanya keluhan rasa sakit ini muncul pada perut bagian kiri atas dan tengah.

2. Nyeri ligamen

Selain luka lambung, sakit perut sebelah kiri juga bisa terjadi saat hamil. Hal ini biasanya disebabkan oleh ligamen yang berkembang akibat perubahan ukuran rahim.

Ligamen tersebut merupakan jaringan yang berfungsi untuk menyokong rahim dari sekitarnya ke bagian lipat paha. Itu sebabnya sebagian ibu hamil mungkin akan mengalami nyeri perut di sebelah kiri.

3. Lapar

Perut dalam kondisi lapar biasanya akan muncul rasa perih yang melilit di bagian kiri perut atau ulu hati. Biasanya hal ini umum terjadi pada orang yang sedang diet, orang yang memiliki pola waktu makan yang buruk, bahkan anak-anak.

Untuk itu, ada baiknya segera mengonsumsi makanan dengan porsi yang wajar untuk menghindari penyakit pencernaan yang tidak diinginkan.

4. Pankreatitis akut

Pankreatitis akut adalah peradangan di dalam pankreas yang terjadi secara mendadak. Penyakit ini biasanya terjadi akibat mengonsumsi alkohol, faktor genetik, efek samping obat-obatan dan sebagainya.

Keluhan penyakit ini ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kiri atas ataupun nyeri yang menjalar ke punggung.

5. Gastritis

Penyebab sakit perut sebelah kiri berikutnya adalah gastritis. Penyakit ini dapat terjadi akibat iritasi pada lapisan lambung yang disebabkan sejumlah faktor, seperti mengonsumsi minuman alkohol atau meminum obat penghilang rasa sakit.

Keluhan penyakit gastritis biasanya terasa sakit di bagian perut sebelah kiri atas yang memberikan sensasi perih atau terbakar, mual dan muntah, serta kembung. Selain itu, penyakit ini juga dapat terjadi secara tiba-tiba atau perlahan dari waktu ke waktu.

6. Penyakit ginjal

Infeksi di ginjal diketahui dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah. Biasanya, penyakit ini terjadi akibat peradangan yang dimulai dari kandung kemih hingga menjalar ke organ ginjal.

Selain rasa sakit perut sebelah kiri, orang yang menderita juga akan mengalami sensasi panas saat buang air kecil, urin berdarah atau hematuria, dan gejala lainnya.

7. Hernia

Hernia adalah benjolan yang muncul akibat keluarnya organ dalam melalui jaringan lemah di sekitarnya. Tonjolan ini biasanya akan membuat orang yang menderita merasakan sakit perut di sebelah kiri terutama saat batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat.

Jika tidak segera ditangani, penyakit hernia mampu menyebabkan komplikasi-komplikasi fatal yang membuat sistem pencernaan semakin memburuk. Hindari juga pola hidup yang buruk, seperti merokok, mengonsumsi makanan cepat saji, meminum alkohol, dan lainnya.

8. Kehamilan ektopik

Penyebab selanjutnya adalah kehamilan ektopik. Kondisi ini dapat terjadi akibat embrio yang tertanam di luar rahim yang menyebabkan rasa sakit perut di sebelah kiri dan panggul, pendarahan dari vagina, pusing, hingga diare.

Untuk mengatasinya, hindari mengonsumsi minuman berkafein, soda, alkohol, makanan pedas, dan dianjurkan memperbanyak minum air putih.

9. Divertikulitis

Divertikulitis adalah infeksi pada divertikula atau kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan. Penyebab kondisi ini masih belum diketahui secara pasti, namun diduga akibat penyumbatan makanan atau feses di dalam divertikula.

Keluhan yang dirasakan biasanya berupa rasa sakit perut di sebelah kiri yang muncul setelah makan atau tubuh bergerak.

10. Penyakit crohn

Sakit perut di sebelah kiri dapat juga disebabkan oleh penyakit crohn. Penyakit ini diketahui dapat menyebabkan peradangan di seluruh lapisan dinding sistem pencernaan. Jika tidak ditangani, penyakit crohn ini dapat membuat tubuh merasa lemah bahkan sampai mengancam nyawa.

11. Peradangan pankreas

Peradangan pada pankreas diketahui dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kiri bagian atas yang menjalar ke punggung. Biasanya, rasa sakit yang muncul akan semakin parah jika orang yang menderita sedang makan, minum, dan berbaring.

Selain merasakan sakit di bagian perut, gejala lain yang dirasakan berupa demam, mual, muntah, diare, dan bagian putih mata yang menguning.

Kapan harus pergi ke dokter?

Sakit perut sebelah kiri yang tergolong ringan mungkin tidak perlu pengobatan yang lebih. Akan tetapi, ada baiknya segera pergi ke dokter jika rasa sakit perut sebelah kiri tergolong serius. Dikutip dari healthgrades, berikut gejala serius yang patut diwaspadai.

  • Rasa nyeri yang kian memburuk
  • demam
  • Nyeri dada, batuk, atau kesulitan bernapas
  • Diare
  • Sembelit yang berlangsung lebih dari tiga hari
  • Adanya darah di feses
  • Mual dan muntah
  • Muntah darah



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)