ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Mar 2022 04:53 WIB

Cara Mengatasi Gusi Bengkak, Pertolongan Pertama Pakai Air Garam

Patrick - detikHealth
Sakit Gigi Cara mengatasi gusi bengkak (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Cara mengatasi gusi bengkak ternyata mudah. Perlu diketahui, gusi merupakan bagian yang sangat penting untuk kesehatan mulut. Gusi terbuat dari jaringan keras berwarna merah muda yang menutupi tulang rahang. Jaringan ini tebal, berserat, dan penuh dengan pembuluh darah. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini.

Jika gusi menjadi bengkak, maka akan terlihat menonjol keluar. Pembengkakan pada gusi biasanya dimulai saat gusi bertemu dengan gigi. Gusi yang bengkak akan tampak berwarna merah, bukan warna merah muda seperti biasanya.

Gusi bengkak, juga disebut pembengkakan gingiva yang teriritasi, sensitif, atau nyeri. Gusi akan lebih mudah berdarah saat sedang menyikat atau membersihkan gigi. Dikutip dari Healthline, ada dua cara mengatasi gusi bengkak yang bisa diterapkan.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

1. Perawatan di rumah

Rawat gusi bengkak dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa cara mengatasi gusi bengkak di rumah:

  • Tenangkan gusi dengan melakukan flossing atau menggunakan benang gigi dengan lembut, sehingga tidak akan mengiritasinya. Untuk itu, siapkan benang gigi.
  • Bilas mulut dengan larutan air asin untuk membersihkan mulut dari bakteri.
  • Minum banyak air. Air akan membantu merangsang produksi air liur, yang melemahkan bakteri penyebab penyakit di mulut.
  • Hindari iritasi, termasuk obat kumur yang kuat, alkohol, dan tembakau.
  • Tempatkan kompres hangat di wajah untuk mengurangi nyeri gusi. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan.

2. Perawatan medis

Cara mengatasi gusi bengkak yang kedua adalah dengan perawatan medis. Jika gusi bengkak selama lebih dari dua minggu, maka harus periksakan diri ke dokter gigi. Dokter gigi akan menanyakan pertanyaan tentang kapan gejala tersebut mulai dan seberapa sering gejala itu muncul. Rontgen gigi mulut mungkin diperlukan. Mereka juga ingin tahu apakah sedang hamil atau apakah baru saja mengubah pola makan. Mereka juga akan menyarankan tes darah untuk memeriksa infeksi.

Tergantung pada penyebab gusi bengkak, dokter gigi mungkin akan meresepkan obat kumur yang membantu mencegah gingivitis dan mengurangi plak. Mereka juga menyarankan untuk menggunakan merek pasta gigi tertentu. Dalam beberapa kasus, penggunaan antibiotik mungkin akan diperlukan.

Jika memiliki kasus gingivitis yang ekstrem, maka diperlukan pembedahan. Salah satu pilihan perawatan yang umum adalah scaling dan root planing. Ini adalah prosedur di mana dokter gigi mengikis gusi yang sakit, plak gigi, dan kalkulus, atau karang gigi, pada akar gigi untuk memungkinkan gusi yang tersisa sembuh.

Penjelasan tadi adalah cara mengatasi gusi bengkak. Jika pengobatan rumah tidak berhasil, segera periksakan diri ke dokter gigi sebelum kondisi semakin memburuk.



Simak Video "Wanti-wanti Ahli soal Penyakit Flu Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT